Latar Belakang Masuknya BAIC Pasar Otomotif Indonesia

Latar Belakang Masuknya BAIC Pasar Otomotif Indonesia

BAIC Group telah resmi hadir di Indonesia di bawah naungan PT JHL --Foto : youtube@PrestigeProductions

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - BAIC, Merek mobil asal Beijing, Tiongkok ini dibawa ke Tanah Air oleh distributor lokal, PT JHL International Otomotif (JIO). Berikut adalah latar belakang perjalanan BAIC memasuki pasar Indonesia.

Menurut keterangan resmi dari BAIC Indonesia, kehadiran merek ini di Indonesia tak lepas dari peran pendiri JHL Group, Jerry Hermawan Lo. 

Dalam acara peluncuran harga untuk model BAIC BJ40 dan X55 II A yang diadakan pada hari Rabu (17/7/2024) di Hall 11, GIIAS 2024, Jerry menjelaskan ketertarikannya terhadap mobil jenis jip.

"Mobil ini sangat versatile, bisa digunakan sehari-hari maupun untuk menghadapi medan yang ekstrem," ujar Jerry, mengungkapkan kekagumannya terhadap desain jip yang ditawarkan oleh BAIC melalui model BJ40. Mobil ini tampil dengan gaya yang kuat dan maskulin.

BACA JUGA:Mobil Mirip Hewan: Modifikasi Kendaraan Otomotif yang Unik dan Langka


Model BAIC BJ40 dan X55 II A telah di pamerkan di GIIAS 2024 --foto:youtube@PrestigeProductions

Jerry juga bercerita tentang bagaimana ketertarikan terhadap BAIC dimulai. Ia mengungkapkan pengalamannya ketika melihat BJ80 di jalan saat berkunjung ke China. 

"Saat itu saya melihat BJ80 dan meminta sopir saya untuk mengejar mobil tersebut. Setelah melihatnya, saya langsung memutuskan untuk mencari tahu perusahaan dan pabriknya. Kami kemudian mengunjungi pabrik tersebut," jelas Jerry.

Di Tiongkok, Bejing Automotive Industry Holding Co., atau BAIC, merupakan salah satu produsen mobil terbesar. Membawa merek ini ke Indonesia bukanlah tugas yang mudah. 

Jerry harus berusaha keras untuk meyakinkan prinsipal BAIC agar mau mengekspor unitnya ke Indonesia.

BACA JUGA:Mobil Mirip Hewan: Modifikasi Kendaraan Otomotif yang Unik dan Langka

BAIC, yang berkantor pusat di Shunyi District, memiliki sejarah yang panjang. Didirikan pada tahun 1958 di China, perusahaan ini awalnya dikenal dengan nama Beijing Automotive Works (BAW) dan fokus pada produksi kendaraan militer. 

Baru pada tahun 2013, BAIC mulai memperluas operasinya ke pasar global dan menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan otomotif terkemuka.

Proses untuk mendatangkan BAIC ke Indonesia tidaklah mudah. Jerry harus berulang kali menyusun proposal dan meyakinkan pihak prinsipal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber