Bukan Avanza, Toyota Ini Menjadi Favorit di GIIAS 2024

Bukan Avanza, Toyota Ini Menjadi Favorit di GIIAS 2024

Bukan Avanza, Toyota Ini Menjadi Favorit di GIIAS 2024--www.toyota.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang, dari tanggal 18 hingga 28 Juli, telah selesai digelar.

Acara tersebut diwarnai dengan kehadiran puluhan kendaraan baru dari berbagai merek terkemuka.

Salah satu peserta pameran yang menarik perhatian adalah Toyota, yang tetap menjadi merek terlaris di Indonesia. Meskipun penjualan mobil baru tahun ini mengalami penurunan dan muncul banyak merek baru yang masuk pasar, pencapaian Toyota tidak terpengaruh.

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah SPK (surat pemesanan kendaraan) selama sembilan hari kehadirannya di GIIAS 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

BACA JUGA:Keistimewaan Pajero Sport Terbaru yang Membuatnya Berbeda

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengungkapkan bahwa jumlah SPK Toyota di GIIAS 2024 naik sebesar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini mungkin menjadi salah satu tanda perbaikan pasar otomotif di Indonesia," ujar Anton pada Senin, 29 Juli 2024. Dalam periode tersebut, Toyota berhasil mengumpulkan 4.245 SPK, dengan tiga model mobil menyumbang angka terbesar, meski Avanza, yang sering disebut sebagai mobil sejuta umat, bukanlah yang terlaris.

Anton menjelaskan bahwa model terlaris dalam pameran GIIAS 2024 Kijang Innova Zenix, yang tersedia dalam versi konvensional dan hybrid, diikuti oleh Avanza dan Veloz dengan selisih yang tipis.

"Innova berhasil mendapatkan 981 unit SPK, sedangkan Avanza dan Veloz mengumpulkan 929 unit SPK. Jika digabungkan, jumlahnya hampir mencapai 2.000 unit atau total SPK kami," jelasnya.

BACA JUGA:Audi A6 E-Tron: Kembali ke Akar dengan Penggerak Roda Belakang

Jika diteliti lebih lanjut berdasarkan varian, terutama dalam kategori elektrifikasi seperti BEV (Battery Electric Vehicle) dan HEV (Hybrid Electric Vehicle), Kijang Innova Zenix Hybrid masih menjadi yang paling diminati.

"Berdasarkan model, Innova Zenix Hybrid mencapai 80 persen dari total SPK, diikuti oleh model premium seperti Alphard Hybrid dan Yaris Cross Hybrid. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia semakin tertarik dengan mobil elektrifikasi," tambah Anton.

Meski harga Yaris Cross Hybrid lebih terjangkau, dengan kisaran Rp440,6 juta hingga Rp454,95 juta, dibandingkan dengan Innova Zenix Hybrid yang dijual antara Rp477,6 juta hingga Rp633,6 juta, popularitas Innova Zenix Hybrid tetap mendominasi.

Selain itu, Toyota Hilux Rangga, yang baru dibuka pemesanannya di pameran tersebut, berhasil mencatat 450 SPK. Mobil pikap yang menggunakan sasis tangga ini memiliki powertrain yang sama dengan Fortuner dan Innova diesel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber