Dampak Buruk Saat Makan Sambil Menggunakan Smartphone

Dampak Buruk Saat Makan Sambil Menggunakan Smartphone

pengunaan smartphone saat sedang makan, sangat tidak dianjurkan. Masalah kesehatan akan muncul jika tetap melakukannya.-sulaiman-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kehadiran smartphone telah mengubah cara kita hidup dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan saat makan pun seringkali kita sulit melepaskan diri dari gawai tersebut.

Namun, kebiasaan makan sambil menggunakan smartphone ternyata memiliki dampak buruk yang perlu diperhatikan. Artikel ini akan membahas dampak negatif yang mungkin terjadi saat kita makan sambil memainkan smartphone.

1. Gangguan Pencernaan Makan sambil menggunakan smartphone dapat mengganggu proses pencernaan. Ketika kita terlalu fokus pada layar smartphone, kita cenderung tidak memperhatikan makanan yang masuk ke mulut kita. Hal ini dapat menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik, sehingga mengganggu proses pencernaan dan menimbulkan gangguan pada lambung dan usus.

2. Konsumsi Makanan Berlebihan Menggunakan smartphone saat makan cenderung membuat kita tidak sadar terhadap jumlah makanan yang kita konsumsi. Kita lebih fokus pada aktivitas di layar daripada pada makanan yang ada di depan kita.

BACA JUGA:Wow! Hanya 6 Menit Tiket Indonesia VS Argentina Ludes Terjual

BACA JUGA:‘Hilal’ Gaji Ke-13 ASN Prabumulih Mulai Terlihat

Akibatnya, kita cenderung makan secara otomatis dan tidak sadar saat sudah kenyang. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan berbagai masalah kesehatan terkait dengan obesitas.

3. Gangguan Pada Postur Tubuh Menggunakan smartphone saat makan juga dapat menyebabkan gangguan pada postur tubuh. Kebiasaan membungkuk atau membungkukkan kepala saat menggunakan smartphone dapat menyebabkan sakit leher, punggung, dan bahu.

Kondisi ini sering disebut dengan "text neck" atau leher teks, yang disebabkan oleh tekanan berlebih pada leher dan tulang belakang akibat posisi kepala yang tidak alami.

4. Kualitas Makanan Menurun Saat kita makan sambil menggunakan smartphone, kita cenderung tidak fokus pada makanan itu sendiri. Kita lebih terfokus pada aktivitas di smartphone, seperti menonton video, membaca pesan, atau bermain game.

BACA JUGA:Alasan Indonesia Kalah Maju dari Cina, India bahkan Malaysia

BACA JUGA:Viral Nenek-Nenek Jual 'Mimik' Ke Anak SD Seharga 4 Ribu Rupiah

Akibatnya, kita tidak dapat sepenuhnya menikmati dan mengapresiasi makanan yang kita makan. Kehilangan sensasi makanan dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, kehilangan rasa, dan keengganan untuk mencoba makanan baru.

5. Kurangnya Interaksi Sosial Makan adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Namun, ketika kita terlalu sibuk dengan smartphone, kita kehilangan momen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber