6 Tahun Perjalanan LRT Sumsel Pilar Baru Transportasi Umum

6 Tahun Perjalanan LRT Sumsel Pilar Baru Transportasi Umum

6 Tahun Perjalanan LRT Sumsel Pilar Baru Transportasi Umum--Foto: dokumentasi lrt sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- PT KAI (Persero) telah menjalankan layanan LRT Sumatera Selatan selama 6 tahun sejak mulai beroperasi pada 23 Juli 2018. LRT Sumsel awalnya digunakan untuk mendukung transportasi atlet dalam Asian Games ke-18 pada tahun 2018.

LRT Sumsel telah berkembang menjadi bagian penting dalam budaya transportasi masyarakat Sumatera Selatan, dengan 13 stasiun yang melayani penumpang. Harga tiketnya terjangkau, yaitu 5 ribu untuk perjalanan antar stasiun (kecuali stasiun bandara) dan 10 ribu untuk perjalanan dari dan ke Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badarudin II.

Menurut Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, selama 6 tahun operasionalnya, LRT Sumsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang.

Bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel (BPKARSS), PT KAI berupaya memberikan layanan terbaik, seperti menjaga ketepatan waktu, mengurangi waktu tunggu antar stasiun, integrasi moda transportasi, menambah jumlah perjalanan saat diperlukan, kemudahan dalam memilih alat pembayaran tiket, serta perbaikan fasilitas di stasiun.

BACA JUGA:Ratu Dewa Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Selama operasionalnya, jumlah perjalanan LRT Sumsel meningkat dari 52 menjadi 94 perjalanan per hari. Jumlah penumpang juga bertambah dari rata-rata 3 ribu penumpang per hari pada tahun 2018 menjadi rata-rata 11 ribu penumpang per hari pada tahun 2024.

Pada akhir tahun 2023, LRT Sumsel telah mengangkut 4.082.702 penumpang, dan pada semester pertama tahun 2024 tercatat 2.023.290 penumpang telah menggunakan layanan ini. Secara total, selama 6 tahun operasional, LRT Sumsel telah mengangkut 15.396.192 penumpang, dengan lima stasiun tersibuk yaitu stasiun DJKA, Asrama Haji, Ampera, Bumi Sriwijaya, dan Bandara.

Di stasiun Bumi Sriwijaya, Cinde, Ampera, dan DJKA, terdapat tenant-tenant UMKM yang menawarkan kerajinan tangan dan produk makanan serta minuman ringan, diharapkan dapat membantu perekonomian UMKM di Palembang. Selain itu, terdapat juga pojok Baca sebagai upaya meningkatkan minat literasi di Sumatra Selatan.


6 Tahun Perjalanan LRT Sumsel Pilar Baru Transportasi Umum--Foto: dokumentasi lrt sumsel

Sebagai apresiasi kepada pengguna jasa dalam 6 tahun kehadiran LRT Sumsel, BPKARSS mengadakan berbagai kegiatan seperti KrissRun 5K pada 14 Juli, LRT Fest Collaboration In Music pada 19 Juli, dan penambahan 6 perjalanan LRT Sumsel pada 19 Juli 2024 hingga pukul 00.50 agar masyarakat masih dapat menggunakan LRT setelah acara di GSC Jakabaring.

PT KAI Divre III Palembang bersama BPKARSS akan terus bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dengan dukungan dari para pemangku kepentingan sebagai sistem pendukung untuk peningkatan layanan di masa mendatang, ujar Aida.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: