Toyota Yaris Cross Hybrid Terbaru: Lebih Kuat dan Efisien Bahan Bakar

Toyota Yaris Cross Hybrid Terbaru: Lebih Kuat dan Efisien Bahan Bakar

Toyota Yaris Cross Hybrid Terbaru: Lebih Kuat dan Efisien Bahan Bakar--auto2000.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Toyota Yaris Cross yang diluncurkan di Indonesia sejak tahun 2023 memiliki perbedaan signifikan dibandingkan dengan versi Yaris Cross di pasar Eropa. Hal ini membuat Toyota berani mengklaim bahwa Indonesia adalah negara pertama di dunia yang menjual produk barunya tersebut.

Sebelum kehadirannya di pasar Indonesia, Yaris Cross sebenarnya sudah beredar di berbagai negara seperti Eropa, Thailand, dan Jepang. Namun, platform, desain, dan powertrain-nya berbeda dengan versi yang diproduksi dalam negeri.

Di Indonesia, mobil SUV kompak ini belum mendapatkan penyegaran karena umurnya masih sangat muda. Sementara itu, di Eropa, Yaris Cross baru saja diluncurkan dengan sejumlah perubahan dari versi sebelumnya.

Untuk tipe hybrid, mobil ini menggabungkan mesin bensin tiga silinder berkode M15A-FXE berkapasitas 1.500cc dengan dua motor listrik penggerak. Total tenaga dari dua motor listrik tersebut mencapai 114 dk.

BACA JUGA:Brad Pitt Kembali ke Lintasan! Aktor Ternama Akan Bintangi Film F1 Bersama Legenda Balap Lewis Hamilton

Menurut laporan dari Paultan pada Selasa, 9 Juli 2024, Yaris Cross baru ini menjadikan mobil tersebut lebih bertenaga. Secara total, mesin bensin serta dinamonya bisa menghasilkan tenaga sekitar 129 dk dan torsi 185 Nm untuk versi penggerak empat roda.

Toyota di Eropa mengklaim bahwa untuk mencapai kecepatan 100 km per jam dari posisi diam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 10,7 detik untuk versi penggerak empat roda, atau setengah detik akan lebih cepat dari versi penggerak roda depan.

Dengan mesin yang lebih kompak, kemungkinan besar konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien dibandingkan dengan versi mesin empat silinder yang ada di pasar Indonesia.

Di Indonesia, Yaris Cross Hybrid mengkombinasikan mesin bensin 2NR-VEX yang menghasilkan tenaga 67 kW dan torsi 121 Nm, dengan motor listrik yang menggerakkan roda depannya dan menghasilkan tenaga 59 kW serta torsi 141 Nm.

BACA JUGA:Ayam Cincane Olahan Ayam Kampung Khas Samarinda

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga listriknya, berbeda dengan Kijang Innova Zenix produksi lokal yang menggunakan baterai non-liquid electrolyte dengan kapasitas 201,6 volt.

Mengingat standar keamanan yang sangat ketat di Eropa, Yaris Cross baru ini dilengkapi dengan lebih banyak fitur dalam paket Toyota Safety Sense (TSS). Fitur ini bertugas untuk membaca objek, marka jalan, dan gaya berkendara.

Fitur-fitur dalam TSS tersebut meliputi Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Trace Assist, Proactive Driving Assist, Adaptive High-beam System, dan Emergency Driving Stop System sebagai tambahan baru pada daftar sistemnya.

Toyota Yaris Cross versi Indonesia memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal. Dari segi desain, mobil ini tampil lebih segar dengan gaya yang lebih sporty dan modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber