Pemerintah Perpanjang Relaksasi HAP Gula, Harga Gula di Level Rp 17.500 Per Kilogram

Pemerintah Perpanjang Relaksasi HAP Gula, Harga Gula di Level Rp 17.500 Per Kilogram

Pemerintah Perpanjang Relaksasi HAP Gula, Harga Gula di Level Rp 17.500 Per Kilogram--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID.- Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang relaksasi harga acuan pemerintah (HAP) gula konsumsi di tingkat konsumen.

Dengan keputusan ini, harga gula konsumsi tetap berada di kisaran Rp 17.500 per kilogram (kg). Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyatakan bahwa relaksasi HAP untuk gula konsumsi diperpanjang hingga terbitnya Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) yang baru.

Peraturan baru ini merupakan perubahan kedua dari Perbadan Nomor 11 Tahun 2022 yang mengatur harga acuan gula konsumsi.

Saat ini, peraturan tersebut masih menunggu harmonisasi dari beberapa kementerian terkait. "Relaksasi HAP akan diperpanjang sampai terbitnya Perbadan menunggu harmonisasi antar kementerian," ujar Arief pada Senin, 1 Juli 2024.

BACA JUGA:Komisi IV DPRD Banyuasin Panggil Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin Terkait Dugaan Pungli di Sekolah

Relaksasi HET gula di tingkat konsumen sebelumnya ditetapkan sebesar Rp 17.500 per kg dan berlaku hingga 30 Juni 2024. Dengan diperpanjangnya relaksasi ini, harga acuan tersebut masih akan terus berlaku ke depannya.

Sebelumnya, harga gula konsumsi berada di kisaran Rp 16.000 per kg, namun kemudian naik menjadi Rp 17.500 per kg. Penyesuaian harga ini didasarkan pada surat Badan Pangan Nasional Nomor 296/TU.01.02/B/043/2024 yang diterbitkan pada 4 April 2024, beberapa hari sebelum Hari Raya idul fitri 2024 lalu.

Melalui surat tersebut, peritel diperbolehkan mulai menggunakan harga baru sejak 5 April 2024 hingga 31 Mei 2024.

Arief menjelaskan bahwa kebijakan menaikkan harga gula bertujuan agar gula tetap tersedia di pasar, mengingat tingginya harga di luar negeri. Hal ini memungkinkan para pelaku usaha untuk menyesuaikan harga sesuai situasi global.

BACA JUGA:Peringati HUT Ke-78 Bhayangkara, Pj Bupati OKI Asmar Wijaya Apresiasi Kinerja Polres OKI

Dalam surat tersebut juga dijelaskan bahwa relaksasi ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan, stok, pasokan, dan harga gula konsumsi, terutama di ritel modern. Penyesuaian harga gula konsumsi di tingkat konsumen diperlukan untuk menjaga stabilitas pasar.

Berikut Harga Acuan Gula Terbaru per 1 Juli 2024:

1. Harga gula konsumsi di tingkat produsen sebesar Rp 14.500 per kg.

2. Harga gula konsumsi di tingkat ritel atau konsumen sebesar Rp 17.500 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber