Pemanfaatan Teknologi Video Tangkap Layar Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah

Pemanfaatan Teknologi Video Tangkap Layar Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah

Cara belajar di sekolah menggunakan teknologi --Foto : smkn7palembang.sch.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dengan adanya video tangkap layar, siswa memiliki kemampuan untuk mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal ini sangat bermanfaat dalam pembelajaran asinkron, di mana siswa dapat belajar sesuai dengan jadwal dan ritme belajar mereka sendiri tanpa terikat oleh waktu dan lokasi fisik.

Selain fleksibilitas waktu, teknologi ini juga meningkatkan kejelasan penjelasan materi yang diberikan oleh guru. Melalui video tangkap layar, guru dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dan visual. 

Contohnya, dalam pelajaran matematika, guru dapat menunjukkan secara langsung langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika yang kompleks. Demikian pula, dalam pelajaran sains, guru dapat melakukan demonstrasi eksperimen secara detail, yang mungkin sulit dicapai dalam pembelajaran tatap muka konvensional.

BACA JUGA:5.000 USB Video Drakor dan K-Pop Dikirim Aktivis Korea Selatan Ke Korea Utara, Balasan Balon Sampah


Memudahkan siswa dan guru dalam pembelajaran--Foto : smkn7palembang.sch.id

Keunggulan lainnya dari penggunaan video tangkap layar adalah kemampuan untuk pengulangan materi. Siswa memiliki kebebasan untuk mengulang video sebanyak yang mereka perlukan untuk memahami materi yang diajarkan. 

Ini sangat membantu siswa yang mungkin memerlukan pendekatan belajar yang berbeda atau memerlukan waktu ekstra untuk memahami konsep yang kompleks.

Tidak hanya itu, teknologi video tangkap layar juga meningkatkan aksesibilitas terhadap pendidikan. Siswa yang memiliki keterbatasan atau kesulitan untuk hadir secara fisik di kelas dapat tetap mengikuti pembelajaran dengan cara ini. 

Hal ini termasuk siswa yang sedang menghadapi masalah kesehatan atau siswa yang berada di lokasi geografis yang jauh dari sekolah. Dengan demikian, teknologi ini memastikan bahwa tidak ada siswa yang tertinggal dalam proses pembelajaran.

BACA JUGA: Tingkatkan Video Podcast Anda Dengan Webcam Logitech MX Brio 4K

Aspek dokumentasi pembelajaran juga menjadi penting dalam pemanfaatan video tangkap layar. Rekaman video dapat dijadikan sebagai bukti atau dokumentasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk memperbaiki pemahaman mereka atau sebagai referensi di masa depan. 

Bagi guru, rekaman ini juga dapat menjadi alat evaluasi untuk mengevaluasi efektivitas pengajaran mereka dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam metode pengajaran.

Cara-cara pemanfaatan teknologi video tangkap layar dalam konteks pembelajaran sangat bervariasi. Salah satunya adalah dalam merekam presentasi dan tutorial. Guru dapat menggunakan teknologi ini untuk merekam presentasi PowerPoint mereka atau tutorial penggunaan perangkat lunak tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber