Memahami Kode Lampu Sein untuk Keselamatan Pengguna Jalan

Memahami Kode Lampu Sein untuk Keselamatan Pengguna Jalan

Lampu sein pada kendaraan --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Keselamatan dalam berkendara merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Salah satu aspek penting dari Keselamatan ini adalah memahami dan mengikuti kode lampu sein

Lampu sein pada kendaraan adalah salah satu cara komunikasi pengemudi dengan pengguna jalan lainnya, yang mana dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas jika digunakan dengan benar dan dipahami oleh semua pihak yang terlibat.

 

Fungsi Utama Lampu Sein

Lampu sein pada kendaraan berfungsi sebagai penanda arah atau niat pengemudi untuk melakukan manuver tertentu, seperti belok kanan, belok kiri, atau berpindah jalur. 

BACA JUGA:Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein

Penggunaan lampu sein yang tepat akan memberikan informasi kepada pengguna jalan lainnya untuk mengantisipasi pergerakan kendaraan, sehingga mengurangi potensi tabrakan atau kecelakaan.

 

Kode Lampu Sein yang Umum

1. Sein Kanan

Lampu sein kanan digunakan untuk memberitahu pengguna jalan di belakang bahwa pengemudi akan belok atau berpindah ke arah kanan. 

Pengemudi harus mengaktifkan lampu sein kanan sebelum memulai manuver tersebut, idealnya sebelum mencapai persimpangan atau titik perubahan arah.

BACA JUGA:5 Jenis Flasher Pada Sepeda Motor, Komponen yang Membuat Lampu Sein Berkedip Saat Dinyalakan!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber