Kesuksesan Wi-Fi 7 Baru Telkomsel Mengalahkan Kecepatan Internet Starlink

 Kesuksesan Wi-Fi 7 Baru Telkomsel Mengalahkan Kecepatan Internet Starlink

Kesuksesan Wi-Fi 7 Baru Telkomsel Mengalahkan Kecepatan Internet Starlink--Foto: Instagram@me_any_where

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada awal Juni, Telkomsel resmi melakukan sertifikasi teknologi Wi-Fi 7 yang diklaim dapat membuat internet Starlink menjadi lebih cepat.

Apa itu WiFi 7? Wi-Fi 7 adalah standar Wi-Fi generasi terbaru yang dibuat oleh IEEE, atau Institute of Electrical and Electronics Engineers. Wi-Fi 7 disebut IEEE 802.11be berdasarkan konvensi penamaan sebelumnya.

Pengujian Telkomsel menggunakan komponen internal berdaya rendah atau peralatan LPI menunjukkan bahwa fitur dan kemampuan Wi-Fi 7 dapat meningkatkan pengalaman jaringan dan melampaui ekspektasi dalam hal kinerja dan keandalan.

Kecepatan internet menggunakan teknologi Wi-Fi 7 Telkomsel bisa mencapai 10 gigabit per detik (Gbps). Lebih cepat dibandingkan kecepatan Starlink yang dijajal netizen di Bandung Barat yang mencapai 360 Mbps dengan rata-rata 250 Mbps.

BACA JUGA:Bò Lúc Lac ?c: Rahasia Kelezatan Daging Sapi Goyang Vietnam di Dapur Anda

Ronald Limoa, Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, belum bisa memastikan apakah perseroan akan meluncurkan produk baru dengan teknologi Wi-Fi 7

BUMN ini menawarkan beragam layanan mobile broadband seperti Telkomsel, Simpati, Kartu As dan Loop, serta layanan fixed broadband seperti Orbit dan IndiHome.

Seperti dilansir Wired, Wi-Fi 7 kompatibel dengan perangkat yang ada. “Namun, Anda harus meningkatkan perangkat Anda untuk memanfaatkan fitur-fitur baru dan peningkatan kinerja yang dijanjikan.

Ini berarti membeli router dan titik akses baru, serta ponsel pintar, laptop, dan TV baru, dan banyak lagi,” ujarnya. pita frekuensi: 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz. Rinciannya sebagai berikut:

BACA JUGA:Rasakan Pengalaman Gaming Tanpa Lag dengan Cooling System Canggih di HP iQOO Z9! Benar Gak Nih, TroOps?

Pita 2,4 GHz terdiri dari 11 saluran masing-masing 20 megahertz (MHz) Pita 5-GHz memiliki 45 saluran. Namun alih-alih dibatasi pada lebar 20 MHz, pita ini dapat digabungkan untuk menghasilkan saluran 40-MHz atau 80-MHz Pita 6-GHz mendukung 60 saluran, dengan Wi-Fi 6E lebarnya bisa mencapai 160 MHz. Wi-Fi 7 mendukung saluran dengan lebar hingga 320 MHz. 

“Semakin luas salurannya, semakin banyak data yang dapat dikirimkan,” demikian dikutip dari Wired. Kemajuan Wi-Fi 7 lainnya yakni Multi-Link Operation atau MLO, sehingga dapat menggabungkan beberapa frekuensi lintas-spektrum menjadi satu koneksi. 


Kesuksesan Wi-Fi 7 Baru Telkomsel Mengalahkan Kecepatan Internet Starlink--foto: Instagram@mygadgetnews

Router Wi-Fi 7 dapat terhubung ke perangkat Wi-Fi 7 melalui dua saluran atau lebih dalam band atau spektrum berbeda secara bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber