6 Cara Kalibrasi Baterai HP Android untuk Semua Merek

6 Cara Kalibrasi Baterai HP Android untuk Semua Merek

6 Cara Kalibrasi Baterai HP Android untuk Semua Merek-- Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID, - Baterai adalah salah satu komponen paling krusial pada smartphone. Seiring waktu dan penggunaan, Baterai bisa kehilangan akurasinya dalam menunjukkan persentase daya yang tersisa. Ini dapat mengakibatkan ketidakakuratan indikator Baterai, yang bisa sangat mengganggu.

Salah satu cara untuk memperbaiki ini adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang mudah dipahami untuk melakukan kalibrasi baterai pada semua merek HP Android.

Sebelum itu, mengapa kalibrasi baterai diperlukan sih? Kalibrasi baterai membantu mengatur ulang sistem operasi Android sehingga bisa membaca level baterai yang sebenarnya. Ini penting karena dapat mengembalikan akurasi indikator baterei, membantu sistem operasi menampilkan persentase baterai yang lebih akurat.

Bisa membantu dalam memperbaiki masalah seperti shutdown tiba-tiba atau pengisian daya yang tidak konsisten.

BACA JUGA:Lenovo LOQ 15IAX9: Memanjakan Gamer dengan Prosesor Intel® Core™ i5 dan Grafis Realistis Intel® Arc™ Graphics

Memaksimalkan Daya Tahan Baterai: Membantu baterai berfungsi lebih efisien, yang dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Langkah-langkah Kalibrasi Baterai

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengkalibrasi baterai HP Android:

1. Kosongkan Baterai Hingga 0%

Langkah pertama dalam kalibrasi adalah mengosongkan baterai kamu sepenuhnya. Gunakan HP kamu seperti biasa sampai daya benar-benar habis dan HP mati dengan sendirinya. Ini penting untuk memastikan bahwa baterai benar-benar dalam keadaan kosong.

2. Biarkan HP Mati Selama Beberapa Menit

Setelah HP mati karena kehabisan baterai, biarkan dalam keadaan mati selama beberapa menit (sekitar 5-10 menit). Ini membantu memastikan bahwa semua sisa daya benar-benar habis.

BACA JUGA:Transisi Kepemimpinan, Perubahan di Kantor Imigrasi Sumsel dengan Dua Kepala Baru

3. Isi Daya Hingga 100% dalam Keadaan Mati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber