Mengerikan!. Kecelakaan Kereta Api di India, Diduga Kesalahan Sistim Sinyal.

Mengerikan!. Kecelakaan Kereta Api di India, Diduga Kesalahan Sistim Sinyal.

Kecelakaan maut kereta api di India, yang menewaskan ratusan orang, diduga akibat kesalahan sistim sinyal--Instagram.com/colours.of.odisha

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Beberapa kasus kecelakaan kereta api di India, di duga akibat kesalahan sinyal. Mengerikan sekali, satu kecelakaan rata-rata menewaskan ratusan bahkan ribuan orang. Seperti baru-baru ini, dimana dunia di gemparkan dengan kejadian kecelakaan kereta tragis yang memakan ratusan korban jiwa, kecelakan tersebut terjadi di kota balasore, Negara bagian Odisha, India pada Jumat malam (03/06/2023).

Kejadian tersebut bermula pada saat kereta Coromandel Express yang melakukan perjalanan pada jalur utama tetapi sinyal yang diberikan menuju ke jalur lingkar sebagai ganti nya.

Kemudian barulah terjadi kecelakan tersebut, dimana Coromandel Express yang salah jalur menabrak kereta-kereta barang yang telah parkir disana dan juga menabrak Howrah Superfast Express.

Kecelakaan tragis ini memakan banyak korban jiwa, di konfirmasi sebanyak 288 korban tewas pada kecelakaan ini dan 803 korban lain mengalami luka-luka. 

BACA JUGA:Keistimewaan Yoga Bersama Pasangan, Tenyata Bisa Membuat Hubungan Lebih Intim dan Harmonis!

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi! Tips Super Mudah untuk Memperbaiki Kacamata Rusak dengan Biaya Minim

Angka tersebut menjadi bukti bahwa kecelakaan ini amat sangat parah. Namun, data korban jiwa tersebut masih ada kemungkinan bertambah karena operasi penyelamatan masih berlangsung. 

Akses penyelamatan korban jiwa yang berada didalam gerbong kereta juga sedikit terhambat mengingat benturan kecelakaan yang sangat keras membuat gerbong-gerbong kereta menjadi ringsek, hal itulah yang menghambat proses penyelamatan.

Sebagian korban jiwa yang masih selamat dari kejadian tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Para korban tewas ditempatkan di sebuah sekolah yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Sekolah ini dialih fungsikan menjadi kamar mayat darurat. Untuk mempermudah polisi mengidentifikasi para korban tewas pada kejadian tersebut.

Kejadian kecelakaan kereta ini bukanlah kejadian pertama yang menimpa negara India. Beberapa tahun silam sebelum kejadian di Balasore ini terjadi, India juga pernah di timpa kecelakan kereta yang juga menggemparkan dunia. Kejadian ini dikenal dengan sebutan kejadian Rel bihar, India. 

BACA JUGA:Masuk DPO! 2 Pelaku Tawuran di Palembang Tengan Diburu Polisi, Para Pelaku Diminta Menyerahkan Diri

BACA JUGA:Tidak Berqurban Tapi Tetap Dapat Pahala, Begini caranya!

Kecelakaan Rel bihar ini merupakan kecelakaan terparah kedua dunia yang paling mematikan, pasal nya kecelakaan ini memakan korban jiwa sebanyak 800 nyawa melayang. Bahkan sebagian pihak juga mengklaim bahwa korban tewas pada kejadian rel bihar lebih dari 800, tetapi mencapai 2000 korban tewas.

Kereta api memiliki rambu-rambu lalu lintas dengan menggunakan sistim sinyal. Sistim ini berfungsi untuk mengatur kereta agar sesuai dengan lintasannya. Sinyal tersebut dapat berupa warna, cahaya atau informasi lainnya.  Termasuk sinyal eletrik maupun sinyal mekanik. Kesalahan pada sinyal inilah yang diduga menjadi penyebab kecelakaan besar kereta api di India.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber