Cara Menjaga Umur Baterai Ponsel Agar Tetap Optimal

Cara Menjaga Umur Baterai Ponsel Agar Tetap Optimal

Baterai hp harus di rawat agar tidak cepat rusak--Foto : [email protected]

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Salah satu saran yang sering didengar adalah untuk selalu mengisi baterai hingga 100 persen, tetapi apakah ini benar-benar efektif?

 

Pengaruh Pengisian Penuh pada Ponsel Lama

Pada model ponsel lama, jika dibiarkan mengisi daya semalaman, ponsel akan menggunakan sedikit energi untuk terus-menerus memasukkan daya baru ke baterai setiap kali baterai turun hingga 99 persen. Kebiasaan ini dapat mengurangi masa pakai ponsel karena siklus pengisian yang terus menerus.

 

Memahami Kesehatan Baterai

Kesehatan baterai (battery health) mengacu pada kemampuan baterai untuk menyimpan daya sebelum perlu diisi ulang kembali. Baterai lithium-ion (Li-ion) yang umum digunakan saat ini memiliki penurunan kesehatan seiring waktu. 

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar Tidak Cepat Menurun

Saat battery health menurun, ponsel tidak dapat digunakan dalam waktu yang optimal karena daya baterai cepat habis. Penurunan ini disebabkan oleh reaksi kimia di dalam baterai yang mengalami degradasi dengan pemakaian waktu lama. Kesalahan dalam pengisian daya juga bisa mempercepat penurunan kesehatan baterai.


Perawatan pada baterai juga harus di lakukan--Foto : Freepik@miguel_ruiz

 

Pengisian Daya yang Tepat

Battery health diukur dalam persentase dan akan menurun seiring pemakaian ponsel. Namun, penurunan ini bisa diperlambat jika pengisian daya dilakukan dengan tepat. Menurut SAYS, baterai berada dalam kondisi paling kritis saat benar-benar habis atau terisi penuh.

Oleh karena itu, menghindari pengisian daya sampai 100 persen atau membiarkan baterai habis total dapat memperpanjang umur baterai lithium-ion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber