Fakta Menarik Keindahan Gunung Catur dan Tips Mendaki Yang Aman

Fakta Menarik Keindahan Gunung Catur dan Tips Mendaki Yang Aman

Fakta Menarik Keindahan Gunung Catur dan Tips Mendaki Yang Aman--ig.com/@dianserly14

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Gunung Catur mungkin belum banyak dikenal dibandingkan dengan Gunung Agung dan Gunung Batur, yang lebih populer di kalangan pendaki di Bali.

Namun, Gunung Catur yang juga dikenal dengan sebutan Pucak Mangu, adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Dewata dengan ketinggian 2.096 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Catur terletak di Banjar Tinggan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Dari peta, Gunung Catur berada di antara deretan gunung yang melintasi bagian tengah pulau Bali. Lokasinya yang strategis membuat gunung ini mudah diakses dari berbagai arah.

Menariknya, tidak ada biaya tiket masuk untuk mendaki Gunung Catur. Pendakian di gunung ini gratis, namun para pendaki diharapkan menjaga kebersihan dan menghormati lingkungan sekitar, mengingat gunung ini adalah area yang dianggap sakral.

BACA JUGA:Ekspansi Global Chery Group Membuahkan Hasil

Berikut fakta unik mengenai Gunung Caturyang perlu diketahui:

Pura Pucak Mangu

Gunung Catur lebih dikenal sebagai Pucak Mangu karena di puncaknya terdapat sebuah pura yang disebut Pura Pucak Mangu.

Pendakian gunung ini sarat dengan nuansa budaya Hindu. Di sepanjang jalur pendakian, pendaki akan menemukan sesajen yang diletakkan sebagai simbol penghormatan dan permohonan keselamatan. Hingga kini, masyarakat Hindu di Desa Pelaga masih aktif melakukan upacara adat di Pura Pucak Mangu.

BACA JUGA:Mengenal Bagian-Bagian dari Ka’bah Kiblatnya Umat Muslim

Kerajaan Mengwi

Asal-usul berdirinya Kerajaan Mengwi berkaitan erat dengan Gunung Catur. I Gusti Agung Putu melakukan tapa brata di Pura Pucak Mangu setelah mengalami kekalahan dalam perang.

Setelah tapa bratanya selesai, ia kembali berjuang dan mendirikan Kerajaan Mengwi. Sejak saat itu, Pura Pucak Mangu dipugar dan diperluas untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat Hindu. Gunung Catur dianggap sangat sakral, sehingga pendaki diwajibkan menjaga sopan santun selama pendakian.

Mitos Pohon Kembar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber