Ternyata Ada Orang yang Fobia Terhadap Cinta Loh! Philophobia, Berikut Penjelasannya

Ternyata Ada Orang yang Fobia Terhadap Cinta Loh! Philophobia, Berikut Penjelasannya

Ternyata Ada Orang Yang Fobia Terhadap Cinta Loh! Philophobia, Berikut Penjelasannya-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Philophobia adalah kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan berlebihan untuk jatuh cinta. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan yang parah dan membuat seseorang enggan membuka diri untuk mencintai atau dicintai orang lain. Mari kita ulas secara lengkap tentang Philophobia dalam artikel ini.

Apa itu Philophobia?

Philophobia adalah fobia spesifik di mana seseorang merasa takut untuk jatuh cinta. Kata "philophobia" berasal dari bahasa Yunani, dengan "philos" berarti cinta dan "phobos" berarti ketakutan. Kondisi ini membuat individu menarik diri dari hubungan personal dan merasa cemas berlebihan ketika terlibat dalam hubungan romantis.

Penyebab Philophobia

Philophobia bisa dipicu oleh trauma psikologis, seperti pengalaman hubungan yang buruk di masa lalu, ditelantarkan oleh orang tua saat kecil, atau mengalami pelecehan seksual. Fobia ini tidak bersifat genetik.

 Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko philophobia antara lain:

1. Takut ditolak atau ditinggalkan.

2. Tekanan budaya untuk menikah muda.

3. Jenis kelamin wanita.

4. Riwayat keluarga dengan fobia atau gangguan kecemasan lainnya.

BACA JUGA:Pemilik Ducati Tak Risau, Francesco Bagnaia dan Marc Marquez Satu Tim

5. Menderita fobia lain yang terkait dengan hubungan interpersonal, seperti gamophobia (takut komitmen) atau pistanthrophobia (takut disakiti oleh orang terdekat).

Ciri-Ciri Philophobia

Gejala philophobia bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya dan bisa berbeda pada setiap individu. Contohnya, seseorang mungkin nyaman dengan kencan santai, tetapi mengalami keringat berlebihan ketika harus membahas perasaan atau komitmen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber