Honda CR-V Hydrogen Akan Rilis Tahun Ini

Honda CR-V Hydrogen Akan Rilis Tahun Ini

Honda CR-V --Foto : automobiles.honda.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kerjasama Honda dengan GM dalam pengembangan sistem sel bahan bakar baru ini dikatakan dapat mengurangi biaya hingga sepertiga dari tumpukan sel bahan bakar yang ada pada Clarity, sambil meningkatkan daya tahan.

Honda memiliki rencana untuk memproduksi sekitar 2000 unit sistem sel bahan bakar generasi berikutnya setiap tahun mulai tahun 2025, meskipun beberapa unit mungkin akan digunakan oleh mitra industri.

Versi CR-V baru yang menggunakan hidrogen dari Honda akan memiliki kemampuan plug-in. Langkah ini diumumkan sebagai kelanjutan dari kendaraan sebelumnya mereka, yaitu Clarity Fuel Cell, yang dihentikan pada tahun 2021, dan sekarang visi tentang powertrain menjadi lebih jelas.

Honda mengonfirmasi bahwa kendaraan bahan bakar sel generasi berikutnya yang didasarkan pada CR-V akan tersedia di pasar Amerika Utara dan Jepang mulai tahun 2024.

 BACA JUGA:Honda CR-V 1.5 Turbo Prestasi Tanpa Kompromi, Harga Lebih Terjangkau!


Mobil Honda yang menggunakan hydrogen--Foto : automobiles.honda.com

SUV ini akan mengadopsi sistem sel bahan bakar yang dikembangkan bersama dengan GM, dengan dua tangki H2 di bagian belakang, unit daya cerdas di bawah kursi, serta sistem sel bahan bakar dan penggerak yang terintegrasi di bawah kap depan. 

Namun, baterai pada bagian plug-in tidak akan memberikan daya yang cukup jauh untuk CR-V, sehingga tidak disertakan dalam diagram kendaraan Honda yang sedang dikembangkan. Selain itu, Honda juga mengumumkan bahwa CR-V hidrogen akan memiliki fitur ekspor daya yang berguna.

Honda CR-V dengan teknologi mesin hydrogen fuel cell electric telah memasuki tahap produksi massal di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat. 

Rencananya, CR-V e ini akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat pada pertengahan 2024, dan kemudian akan diluncurkan di Jepang pada akhir tahun yang sama. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh US Environmental Protection Agency (EPA), 

BACA JUGA:Simak 5 generasi Honda CR-V Dengan Inovasi Terbaru di Segmen Mobil SUV

CR-V e dapat menempuh lebih dari 270 mil atau sekitar 500 kilometer dengan satu tangki hidrogen penuh, dan memiliki tambahan jarak tempuh lebih dari 29 mil atau sekitar 53 kilometer dari baterai listriknya.

Honda CR-V e merupakan SUV kompak yang menggunakan sistem fuel cell hasil kerjasama antara Honda dan General Motors (GM) melalui Fuel Cell System Manufacturing LLC di Brownstown, Michigan, Amerika Serikat. Penampilan perdana CR-V e.

Dilakukan dalam The 21st International Hydrogen & Fuel Cell Expo di Tokyo, Jepang, pada awal tahun 2024. Kendaraan ini menawarkan kemampuan untuk menempuh perjalanan jarak jauh dengan waktu pengisian bahan bakar hidrogen yang singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: caranddriver.com