Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsi

 Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsi

Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsi-@tirachardz-freepik

PALEMBAGNG, PALTV.CO.ID- Touchpad adalah salah satu laptop yang memiliki peran penting. Sebagai pengganti mouse, Touchpad memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan klik pada aplikasi atau file. Ketika Touchpad mengalami gangguan yang menghambat fungsinya

Hal tersebut pasti akan mengganggu kenyamanan dalam menggunakan laptop, Jika menghadapi masalah dengan touchpad, Touchpad adalah salah satu laptop yang memiliki peran penting. Sebagai pengganti mouse, touchpad memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan klik pada aplikasi atau file.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah touchpad pada laptop:

Aktifkan touchpad yang dinonaktifkan

Beberapa laptop dilengkapi dengan tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan atau menonaktifkan touchpad. Kadang-kadang, touchpad bisa dinonaktifkan secara tidak sengaja dengan menekan tombol tersebut. 

BACA JUGA:Baca Ini Sebelum Membeli Mobil Hyundai, Rahasia dan Tips yang Harus Anda Tahu!

Untuk mengatasi hal ini, cari tombol dengan ikon touchpad di antara tombol F1 hingga F12. Jika ditemukan, tekan tombol Fn bersamaan dengan tombol tersebut untuk mengaktifkan kembali touchpad. Misalnya, kombinasi Fn + F6 atau Fn + F9.

Mengaktifkan touchpad melalui Pengaturan Mouse

• Menggunakan mouse eksternal. Pada Windows 7 atau 8, buka Menu Start dan ketik "Mouse". Setelah jendela Pengaturan Mouse terbuka, pilih opsi "Enable Touchpad", klik "Apply", dan "OK".

• Untuk Windows 10, buka Menu Start, masuk ke Pengaturan, pilih "Device", kemudian pilih "Mouse & Touchpad" untuk mengakses pengaturan touchpad. Di bagian bawah, klik "Additional Mouse Options" untuk mengaktifkan touchpad.

Hapus perangkat lunak mouse

• Beberapa pengguna laptop menginstal perangkat lunak mouse tambahan untuk keperluan tertentu. Namun, seringkali perangkat lunak tersebut malah mengganggu kinerja touchpad. Untuk mengatasi hal ini, hapus perangkat lunak mouse tersebut dan restart laptop.


Jangan Panik! Begini Cara Mudah Memperbaiki Touchpad yang Tidak Berfungsi-@draganagordic-freepik

• Di Windows 7 dan 8, tekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian ketik "dvmgmt.msc" dan tekan OK. Cari bagian "Mice And Other Pointing Device", kemudian klik perangkat lunak yang ingin dihapus. Klik kanan dan pilih "Uninstall".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: