Jenis-Jenis Pola Ban Mobil dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Pola Ban Mobil dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui

Jenis-Jenis Pola Ban Mobil dan Fungsinya yang Harus Anda Ketahui--Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Saat memutuskan untuk membeli mobil, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, mulai dari memilih jenis kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, memeriksa fitur-fitur yang ditawarkan, hingga memperhatikan pola tapak ban yang digunakan.

Tak bisa dipungkiri, ban adalah salah satu elemen krusial dari kendaraan. Ini dikarenakan ban adalah satu-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, sehingga mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

"Selain jenis dan ukuran ban, pemilihan pola telapak yang tepat juga sangat penting, terutama untuk mobil penumpang.

Secara umum, pola telapak pada ban mobil penumpang dapat dibedakan menjadi empat tipe utama," jelas Arko, seorang pakar otomotif. Berikut ini adalah pembagian dan kelebihan dari masing-masing pola telapak ban tersebut.

BACA JUGA:Persaingan Ketat di Pasar Mobil Listrik AS, Tesla Menghadapi Tantangan Serius

1. Pola Telapak Standar

Pola telapak standar dapat dikenali dengan membandingkan sisi kiri dan kanan telapak ban. Jika pola pada kedua sisi tersebut identik dan konsisten, maka ini adalah pola telapak standar.

Keunggulan dari pola telapak ini adalah kemudahan dalam melakukan rotasi ban, karena tidak ada arah rotasi tertentu dan tidak perlu memperhatikan bagian dalam (inside) dan bagian luar (outside) ban.

Meskipun desainnya tampak tidak terlalu agresif, performa keseluruhan dari ban dengan pola telapak standar cukup memadai.

2. Pola Telapak Directional atau Searah

Seperti namanya, pola telapak directional atau searah dirancang untuk berputar hanya dalam satu arah. Desain ini memungkinkan ban untuk meningkatkan akselerasi di jalan lurus dan memperpendek jarak pengereman.

BACA JUGA:Museum Kereta Api Ambarawa: Menggali Sejarah dan Kejayaan Perkeretaapian Indonesia

Pola telapak ini terlihat lebih agresif dan memiliki cengkraman yang kuat di jalan basah karena dirancang untuk mengalirkan air dengan efektif.

Namun, perlu berhati-hati saat memasang ban dengan pola ini pada pelek mobil, karena jika dipasang dengan arah yang salah, performa ban di jalan basah akan menurun. Saat melakukan rotasi ban, juga perlu diperhatikan arah rotasi yang benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber