Begini Kronologi Kecelakaan Bus Pengangkut Study Tour SD Tabrak Truk Trailer di Jalintim OKI

Begini Kronologi Kecelakaan Bus Pengangkut Study Tour SD Tabrak Truk Trailer di Jalintim OKI

Kondisi Bus PO Minanga yang mengangkut penumpang studi tour SD terbalik setelah menabrak truk kontainer di Jalintim Kabupaten OKI pada Jumat malam, Sabtu (25/5/2024).-Novan Wijaya-PALTV

OKI, PALTV.CO.ID - Sebuah bus wisata membawa rombongan study tour pelajar SD Cempaka Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Desa Buluh Cawang Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dua penumpang bus dikabarkan meninggal dunia dalam kecelakaan yang terjadi pada Jum'at malam, 24 Mei 2024 tersebut dan puluhan penumpang lainya mengalami luka-luka.

Detik-detik usai peristiwa kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan yakni Bus PO Minanga bernomor polisi BE 7431 BU menabrak kendaraan truk trailer Hino Tractor BE 9468 AU, sempat terekam video ponsel warga dan viral di media sosial.

Berdasarkan keterangan dan pengakuan kernet bus PO Minanga bernama Fikal (38), yang hingga Sabtu siang, 25 Mei 2024 masih berada di lokasi menunggu bus akan dievakuasi mengatakan, sebelum kejadian, bus yang dikendarai oleh sopirnya yakni Irfan melaju dari arah Palembang dan hendak pulang ke OKU Timur dengan kecepatan cukup tinggi.

BACA JUGA:Viral, Bus Rombongan Study Tour Siswa SD Negeri 1 Harisan Jaya Kecelakaan di OKI


Fikal, Kernet Bus PO Minanga, Sabtu (25/5/2024).-Novan Wijaya-PALTV

"Waktu kita melintas di jalan ini bus kami agak kencang, kondisi jalan semalam gelap dan hujan jadi jarak pandang sopir terbatas, ditambah lagi truk kontainer yang parkir tidak memasang rambu-rambu lampu. Pas jarak sudah dekat tidak bisa menghindari dan mobil kami menabrak dari belakang," terang Fikal kepada pewarta pada hari Sabtu, 25 Mei 2024.

Lebih lanjut Fikal menceritakan, sopir bus sempat menghindar namun tetap menyenggol bagian belakang truk kontainer sehingga bus oleng dan terbalik.

"Sempat coba menghindar tapi tak bisa dan kepala bus kami menabrak bagian belakang kontainer dan terbalik. Bus kan ringan dan kontainer itu muatanya sekitar lima ton, makanya mobil bus kita terpental," ujar Fikal.

Kasatlantas Polres OKI AKBP Joko Edi Santoso membenarkan kejadian tersebut, di mana saat kejadian truk trailer pengangkut pupuk yang ditabrak bus tersebut sedang berhenti di badan jalan.

BACA JUGA:Industri Otomotif Responsif Terhadap Rencana Penerapan Program Biodiesel B40 Tahun 2025


AKBP Joko Edi Santoso, Kasatlantas Polres OKI, Sabtu (25/5/2024).-Novan Wijaya-PALTV

"Truk trailer sedang terparkir di jalan karena sedang memperbaiki kerusakan pada kampas remnya," kata AKBP Joko Edi Santoso.

Kasatlantas menambahkan bahwa bus membawa 29 penumpang terdiri dari 10 orang Guru dan 19 orang pelajar SD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv