Ebrahim Raisi, Presiden Iran yang Pernah Menjadi Hakim Agung

Ebrahim Raisi, Presiden Iran yang Pernah Menjadi Hakim Agung

Ebrahim Raisi, Presiden Iran yang Pernah Menjadi Hakim Agung --Foto: ctd.insider

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kabar duka datang dari dataran timur tengah, dimana presiden Iran Ebrahim Raisi alami kecelakaan helikopter, Minggu (19/5/2024). 

Selain Ebrahim dalam kecelakaan tersebut juga melibatkan menteri luar negeri Iran Amin Abdollahian. Kejadian naas tersebut terjadi saat presiden dan menlu Iran pulang dari kunjungan ke daerah barat laut Iran yang berbatasan dengan propinsi Azerbaijan Timur

Dalam perjalan Helikopter yang mereka naikki menabrak puncak gunung. Sebelum menjadi Presiden Ebrahim. Merupakan seorang Hakim Agung yang menjabat dari 2019-2021, almarhum sendiri dibesarkan dari keluarga ulama.

Selama menjalankan pendidikannya Ebrahim cukup banyak menempuh ilmu agama dari sejumlah ulama besar di Iran. 

BACA JUGA:Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Helikopter

Walau cukup banyak menempuh ilmu agama, Ebrahim Raisi juga menempuh ilmu hukum.  Sehingga dirinya pernah menjadi seorang Hakim Agung di Pengadilan Khusus di Iran priode 2012-2021.

Saat masih menempuh sebagai Hakim Agung Iran, Ebrahim juga sempat maju di di ajang pemilu presiden Iran tahun 2017 melawan petahana Hassan Rouhani, namun dirinya kalah bersaing dan kembali menjadi Hakim Agung. 

Selama menjadi Hakim Agung Raisi cukup banyak mengusut berbagai kasus hukum khususnya korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah dan pengusaha terkemuka di Iran. Dan proses sidangnya dilakulan secara luas di media tv Iran. 

Dengan meninggalnya Ebrahim Raisi, Iran pun berduka karena harus kehilangan tokoh politik besar dan berani dalam mengangani berbagai permasalahan yang saat ini terjadi yaitu perang di jalur Gaza antara Israel dan Palestina.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: