Tutorial Praktis, Pasang Ban Motor dengan Tepat dalam 5 Langkah Mudah!

Tutorial Praktis, Pasang Ban Motor dengan Tepat dalam 5 Langkah Mudah!

Tutorial Praktis, Pasang Ban Motor dengan Tepat dalam 5 Langkah Mudah!-@pressfoto-freepik

Oleh karena itu, memahami langkah-langkah yang benar, seperti memeriksa kondisi ban, memastikan ukuran yang sesuai, menjaga tekanan udara yang tepat, serta menggunakan alat dan teknik yang sesuai, merupakan hal yang sangat penting 

Selain itu, mengacu pada panduan yang diberikan oleh produsen motor dan ban, serta mengikuti manual pengguna adalah tindakan yang bijak untuk memastikan pemasangan ban motor yang tepat. 

Dengan menjalankan prosedur pemasangan yang benar, bukan hanya kinerja motor yang akan meningkat, melainkan juga keselamatan pengendara yang dapat terjamin, serta risiko kecelakaan dapat diminimalisir dengan baik.

BACA JUGA:Suzuki Jimny XL Heritage Hadir dengan Grafis Retro yang Keren

5. Pompa Ban

Langkah terakhir ganti ban motor adalah dengan pengisian angin. Pastikan tekanan angin telah sesuai dengan ukuran ban motor. Umumnya, rekomendasi tekanan angin ban FDR yakni 29 psi. Tekanan angin ini untuk ban depan. Sedangkan untuk ban belakang, sebesar 33 psi. 

Selain itu, tekanan angin ban depan maupun ban belakang ini bisa kamu tambahkan atau kurangi hingga 2 psi. Hal ini berdasarkan kenyamanan pengendara. Bila kamu sudah mengatur tekanan angin, pasang kembali ban motor tersebut.

Sebelum itu, ada baiknya untuk membersihkan bagian sekitar ban luar yang kotor hingga kanvas rem. Kanvas rem yang kotor, bisa menimbulkan bunyi yang mengganggu kenyamanan kamu saat berkendara. Periksa kembali semua baut dan pastikan tidak ada yang tertinggal atau masih kendor. Demikianlah teknik yang bisa kamu ikuti untuk ganti ban motor sendiri. Tidak sulit, kan?.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber