Bencana Banjir Rendam Selatan Brasil, 39 Warga Tewas Dan Puluhan Warga Hilang

Bencana Banjir Rendam Selatan Brasil, 39 Warga Tewas Dan Puluhan Warga Hilang

Bencana Banjir Rendam Selatan Brasil, 39 Warga Tewas Dan Puluhan Warga Hilang--siberinfoA1

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Hujan deras dan banjir yang melanda negara bagian paling selatan Brasil, Rio Grande do Sul, telah mengakibatkan kehancuran besar dan menyebabkan korban jiwa serta orang yang masih hilang.

Menurut pihak berwenang setempat, hingga saat ini sudah ada 39 orang yang tewas dan 68 lainnya masih belum ditemukan.

Kondisi ini diprediksi masih akan bertambah buruk karena upaya pencarian dan penyelamatan terus dilakukan. Otoritas pertahanan sipil Rio Grande do Sul mencatat bahwa sekitar 24 ribu orang telah mengungsi karena dampak buruk dari badai tersebut.

Badai tersebut memengaruhi lebih dari setengah dari 497 kota di negara bagian tersebut, yang berbatasan langsung dengan Uruguay dan Argentina.

BACA JUGA:Simpanan Berupa Valas Menurun di Tengah Turunnya Nilai Tukar Rupiah

Akibat dari banjir ini, banyak jalanan yang berubah menjadi sungai, jalan dan jembatan mengalami kerusakan serius, dan beberapa struktur bendungan juga mengalami kerusakan.

Salah satu pembangkit listrik tenaga air (PLTA) kecil bahkan mengalami tanah longsor dan sebagian strukturnya runtuh.

Keadaan semakin memburuk dengan risiko runtuhnya sebuah bendungan di kota Bento Goncalves. Pihak berwenang pun telah memerintahkan warga setempat untuk segera mengungsi demi keselamatan mereka.

Di ibu kota Rio Grande do Sul, Porto Alegre, sungai Guaiba meluap, menyebabkan banjir yang menghambat akses ke pusat kota yang bersejarah.

BACA JUGA:Jokowi Beri Insentif Mobil Hybrid Sebagai Langkah Strategis Indonesia Menuju Ramah Lingkungan

Selain itu, pemadaman listrik, komunikasi, dan pasokan air juga melanda seluruh negara bagian akibat dari dampak banjir yang meluas.

Kondisi cuaca yang tidak stabil ini dimulai sejak Senin pekan ini dan diperkirakan akan terus berlangsung hingga Sabtu, 4 Mei 2024, menurut Marcelo Seluchi, kepala ahli meteorologi di Pusat Pemantauan dan Peringatan Bencana Alam Nasional.


Bencana Banjir Rendam Selatan Brasil, 39 Warga Tewas Dan Puluhan Warga Hilang--siberinfoA1

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, bahkan melakukan perjalanan ke Rio Grande do Sul untuk meninjau langsung lokasi terdampak dan membahas upaya penyelamatan bersama gubernur setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber