Bahagia Tak Terperi, Kakek Usia 105 Tahun Asal OKU Timur Akhirnya Berangkat Haji

Bahagia Tak Terperi, Kakek Usia 105 Tahun Asal OKU Timur Akhirnya Berangkat Haji

Bahagia tak terperi dari raut wajah Karto Yidno Ahmad Sadiyo, kakek berusia 105 tahun asal OKU Timur. Setelah menunggu giliran selama 11 tahun, Karto akhirnya berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.-Aji Delia-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jemaah Calon Haji (JCH) kloter pertama telah masuk Asrama Haji Sumatera Selatan pada Jum’at, 26 Mei 2023 kemarin. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak pengelola Asrama Haji untuk menyambut tamu Allah sebelum terbang ke Arab Saudi.

Memasuki halaman Asrama Haji Sumatera Selatan di Kota Palembang, seketika Jemaah Calon Haji bisa merasakan seperti berada di tanah suci Makkah. Sebab, terdapat replika Ka’bah yang juga mirip seperti aslinya.

Beberapa lokasi di komplek Asrama Haji Sumatera Selatan yang menyerupai Makkah ini menjadi tempat berlatih bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah umroh dan haji.

Selain itu, di Asrama Haji Sumatera Selatan ini juga terdapat mockup pesawat jenis Airbus 330. Bahkan, areal asrama dilengakapi pula dengan lintasan Sa’i yang hampir persis dengan yang ada di tanah suci Makkah.

BACA JUGA:Inilah Makanan dan Minuman Kesukaan Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Anak Susah Makan? Ini Solusi dari Dokter untuk Menangani GTM pada Anak

Bedasarkan pantauan PALTV, ketika Jemaah Calon Haji turun dari bus di komplek Asrama Haji Sumatera Selatan, mereka langsung menuju ke meja pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Setelah melalui pemeriksaan kesehatan, para Jemaah Calon Haji mendapat pembagian gelang identitas, uang saku (living cost), sampai kartu untuk akses masuk kamar Asrama Haji, dan konsumsi.

Semua proses ini tidak boleh melelahkan bagi para Jemaah Calon Haji lanjut usia (lansia). Khusus untuk Jemaah Calon Haji lansia, ketika turun dari bus langsung disambut petugas khusus. Mereka akan melewati jalur prioritas, sehingga tidak berbagi tempat dengan JCH lainnya.

Selanjutnya untuk membekali para Jemaah Calon Haji terkait pemahaman tata cara ibadah secara mandiri ketika di tanah suci, para jemaah akan mengikuti latihan manasik haji.

BACA JUGA:Kisah Inspiratif di Balik Kesuksesan Merek Biskuit Terpopuler di Indonesia

BACA JUGA:Apakah Emas akan Benar-benar Habis dalam Waktu Dekat? Anda Tidak Akan Percaya Fakta Mengejutkan Ini!


Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyalami dan berbincang dengan Karto Yidno Ahmad Sadiyo, Jemaah Calon Haji tertua asal OKU Timur.-Aji Delia-PALTV

Kakek berusia 105 tahun akhirnya pergi haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv