Peringati May Day, 1000 Buruh Akan Longmarch Dari BKB Ke Gedung DPRD Sumsel Hingga Kantor Gubernur Sumsel

Peringati May Day, 1000 Buruh Akan Longmarch Dari BKB Ke Gedung DPRD Sumsel Hingga Kantor Gubernur Sumsel

Peringati May Day, 1000 Buruh Akan Longmarch Dari BKB Ke Gedung DPRD Sumsel Hingga Kantor Gubernur Sumsel-foto/luthfi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID-  Peringatan hari buruh atau may day akan jatuh hari ini Rabu (1/5/2024). Memperingati hari buruh tersebut, buruh di Sumsel mulai dari kota Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ilir berjumlah 1000 orang tergabung dalam Gerakan buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan melakukan longmarch

Rencananya para buruh akan berkumpul di Benteng Kuto Besak (BKB) pada pukul 10.00 wib, lalu melakukan longmarch ke gedung DPRD Sumsel dan terakhir berkumpul di kantor Gubernur Sumsel.

Dalam aksinya Gebrak terdiri dari 4 organisasi buruh yaitu KASBI, FSPP, SPKA dan SP KAI Service akan menyuarakan 14 tuntutan diantaranya pencabutan omnibuslaw cipta kerja dan PP turunannya.

Lalu stop PHK dan pemberangusan serikat buruh, tolak sistem kerja kontrak/outshourcing dan sistem kerja magang serta tuntutan-tuntutan lainnya yang telah siap untuk dibacakan oleh para buruh dalam aksinya. 

BACA JUGA:Telegram Kini Memungkinkan Pengguna Untuk Melihat Cerita Secara Anonim

Hari buruh atay may day yang diperingati setiap tanggal 1 mei, merupakan sebuah bentuk perjuangan para buruh di seluruh di dunia. 

Dan peringatan hari buruh sendiri diawali pada tahun 1886 di Chicago, Amerika Serikat ketika ribuan para buruh menuntut hak-haknya untuk lebih baik. 

Namun aksi buruh tersebut berujuung dengan kekerasan, karena polisi setempat membubarkan dengan kekerasan hingga berujung pada para buruh yang menggelar aksi alami luka-luka hingga bahkan ada yang meninggal dunia. 

Dan untuk di tanah air sendiri, para buruh menilai adanya kondisinya alami kemerosotan, terutama sejak disahkannya Omnibus law cipta kerjakerja sehingga buruh meminta untuk mencabutnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: