Perayaan Puncak HBP ke-60, Upacara dan Syukuran Kemenkumham Sumsel

Perayaan  Puncak HBP ke-60, Upacara dan Syukuran Kemenkumham Sumsel

Perayaan 60 Tahun Puncak Prestasi Upacara dan Syukuran Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mengadakan upacara bendera sekaligus syukuran atas peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-60 pada tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang pada Sabtu, 27 April 2024.

Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Ilham Djaya, sebagai Inspektur Upacara.

Peran sebagai Perwira Upacara diemban oleh Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang, Tetra Destorie Imantoro, sementara Komandan Upacara dijabat oleh Kepala Bidang Pembinaan Narapidana Lapas Kelas I Palembang, Jonson Manurung.

Tema upacara adalah "Pemasyarakatan PASTI berdampak", dan dihadiri oleh seluruh staf LPKA Kelas I Palembang, pegawai Kantor Wilayah, serta pegawai Unit Pelaksana Teknis di Palembang.

BACA JUGA:Percikan Api Dari Korsleting Listrik, Hanguskan 4 Unit Ruko di Mesuji OKI

Dalam sambutannya, Ilham Djaya membacakan pesan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly, yang menekankan pentingnya pengabdian bagi kemajuan pemasyarakatan Indonesia.

Djaya juga mengajak seluruh peserta untuk terus menjaga integritas, menghindari korupsi, dan meraih prestasi yang terpuji.

Dia menjelaskan bahwa 60 tahun perjalanan pemasyarakatan telah menjadi landasan bagi langkah-langkah ke depan dalam menghadapi tantangan pidana di Indonesia.

Djaya juga mengingatkan akan prinsip-prinsip Konferensi Lembang 1964, bahwa tembok hanya sebagai alat, bukan tujuan pemasyarakatan.


Perayaan 60 Tahun Puncak Prestasi Upacara dan Syukuran Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Selain upacara, acara juga melibatkan pemberian Penghargaan Pelopor Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kepada satuan kerja terdepan. Ilham Djaya menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kalapas Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, dan Kalapas Kelas IIA Banyuasin, Jhonny H Gultom.


Perayaan 60 Tahun Puncak Prestasi Upacara dan Syukuran Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Acara dilanjutkan dengan syukuran yang diisi dengan berbagai penampilan seni bela diri Kempo dan ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan syukur atas bertambahnya usia pemasyarakatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: