Kejari Ogan Ilir Luncurkan Program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak

Kejari Ogan Ilir Luncurkan Program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak

Kejari Ogan Ilir luncurkan program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, Rabu (24/4/2024).-Ahmad Romawi-PALTV

OGAN ILIR, PALTV.CO.ID - Kejaksaan Negeri Ogan Ilir meluncurkan program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak di wilayah hukum Kabupaten Ogan Ilir pada hari Rabu, 24 April 2024.

Saat ini ada 5.000 anak telah didata untuk mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak secara gratis.

Pembagian Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak ini dilakukan langsung oleh Kepala Kejari Ogan Ilir Nur Surya, diikuti Wakil Bupati Ogan Ilir Ardani dan unsur Forkopimda.

Pembagian Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak secara gratis ini bertempat di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Ogan Ilir di Jalan Lintas Tengah Indralaya-Prabumulih KM 35, Indralaya Utara.

BACA JUGA:Tinjau Kunjungan di Rutan Palembang, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Melakukan Inspeksi

Kajari Ogan Ilir Nur Surya secara langsung meluncurkan program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak di wilayah hukum Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam sambutannya, Kajari Ogan Ilir Nur Surya mengungkapkan bahwa program Percepatan Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak ini, merupakan program dari Kejagung RI dan Kejati Sumatera Selatan, dalam rangka memberikan status kekuatan hukum kepada anak sejak dini atau sejak anak dilahirkan.

Kekuatan hukum tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan diterbitkannya Akta Kelahiran dan Kartu Identitas bagi anak-anak yang ada di wilayah hukum Kabupaten Ogan Ilir.

Pasalnya, masih banyak anak di Ogan Ilir ini belum mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak. Maka, dengan adanya kekuatan hukum pada anak ini akan memberikan manfaat bagi anak dan orang tuanya dalam melakukan administrasi apapun, sesuai dengan Konstitusi dan Undang-Undang.

BACA JUGA:Edward Jaya: Pertemuan Mahar dengan Alex Noerdin di Rutan Pakjo Hanya Sebatas Silaturahmi


Kajari Ogan Ilir Nur Surya memberikan secara simbolis Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, Rabu (24/4/2024).-Ahmad Romawi-PALTV

Menurut Nur Surya, saat ini Kejari Ogan Ilir telah turun langsung melakukan pendataan ke Desa-desa di Kecamatan Pemulutan.

Kejari Ogan Ilir berhasil mendata sebanyak 5.000 anak, yang kemudian diterbitkan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak.

“Program ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir. Salah satunya kerja sama langsung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan ilir,” kata Kajari Ogan Ilir Nur Surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv