Melangkah ke Arah Masa Depan, Energi Terbarukan untuk Kehidupan yang Berkelanjutan

Melangkah ke Arah Masa Depan, Energi Terbarukan untuk Kehidupan yang Berkelanjutan

Melangkah ke Arah Masa Depan, Energi Terbarukan untuk Kehidupan yang Berkelanjutan-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui secara terus menerus. Sumber daya alam ini tidak akan habis meskipun terus digunakan. Energi terbarukan mencakup berbagai sumber daya, termasuk:

•Energi matahari: energi yang dihasilkan oleh radiasi matahari. Energi matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, panas, dan air panas.

•Angin: energi yang dihasilkan oleh pergerakan angin. Gas tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Energi Air: Energi dari air yang mengalir. Pembangkit listrik tenaga air dapat digunakan untuk pembangkit listrik, irigasi dan transportasi.

Energi panas : Energi yang berasal dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, pemanas dan pendingin.

•Bioenergi: energi dari bahan organik seperti kayu, limbah pertanian, dan limbah kota. Bioenergi dapat digunakan untuk menghasilkan listrik, panas dan bahan bakar.

BACA JUGA:Gelombang Kedua, Total 2.100.000 Kendaraan Mudik Lebaran 2024 Melintas di Tol Trans Sumatera

Belakangan ini, energi terbarukan sedang menjadi topik hangat. Karena perubahan iklim dan permintaan energi terus meningkat, transisi ke sumber energi terbarukan sangatlah penting.

Energi terbarukan berasal dari sumber daya yang tidak terbarukan dan tidak dapat habis. Ini termasuk energi matahari, angin, air dan panas bumi. 

Teknologi saat ini memungkinkan kita menggunakan sumber daya ini secara lebih efisien dan efektif.Energi surya adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang paling populer. Panel surya dapat langsung mengubah sinar matahari menjadi listrik. 

Teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, menjadikannya lebih mudah diakses dan efektif. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa panel surya terus meningkat efisiensinya, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak daya dari lebih banyak sinar matahari.

Tenaga angin adalah salah satu bentuk energi terbarukan. Turbin angin dapat menggunakan energi angin untuk menghasilkan listrik. 


Melangkah ke Arah Masa Depan, Energi Terbarukan untuk Kehidupan yang Berkelanjutan-freepik-freepik

Seperti halnya energi surya, teknologi ini telah berkembang pesat. Turbin angin saat ini lebih efisien dari sebelumnya dan dapat beroperasi pada kecepatan angin yang lebih rendah.

Artinya, lebih banyak energi yang dapat dihasilkan dari energi angin, bahkan di wilayah dengan kecepatan angin rendah.Selain energi matahari dan angin, terdapat sumber energi terbarukan lainnya yang penting bagi kita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: