HITMI Sumsel Sosialisasi Pemanfaatan Kelapa Sawit dan Pencegahan Karhutla

HITMI Sumsel Sosialisasi Pemanfaatan Kelapa Sawit dan Pencegahan Karhutla

HITMI Sumsel dan Pemuda Tani HKTI Kabupaten Muara Enim bersama peserta acara melakukan deklarasi pencegahan karhutla dan sosialisasi pemanfaatan kelapa sawit, Senin (22/4/2024).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Himpunan Tani Milenial (HITMI) Sumsel bersama Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Muara Enim menggelar acara "UKMK Sawit Talk dan Sarasehan" di Ballroom Hotel The Melio Muara Enim pada hari Senin, 22 April 2024.

Acara ini melibatkan petani sawit Kabupaten Muara Enim, penggerak UKMK di Kabupaten Muara Enim dan petani muda. Sosialisasi dan pemanfaatan sawit juga menghadirkan dua narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Narasumber yang hadir untuk mengajak para petani sawit dan penggerak UKMK atau UMKM lokal untuk bisa berinovasi membuat produk turunan dari kelapa sawit.

Dikatakan Gusti selaku Ketua Himpunan Tani Milenial (HITMI) Sumsel, kegiatan ini merupakan sebagai sarana sosialisasi HITMI kepada para petani kelapa sawit dan penggerak UKMK, untuk bisa memanfaatkan limbah atau sisa dari panen sawit dikelola menjadi produk bernilai ekonomi.

BACA JUGA:Kejati Sumsel Usut Penyidikan Baru Kasus Dugaan Korupsi Pertambangan Batubara di Sumatera Selatan

Banyak yang bisa di manfaatkan dari tumbuhan kelapa sawit untuk diproduksi atau dikelola bisa menjadi produk turunan dengan nilai jual. Dengan begitu, petani kelapa sawit dan penggerak UKMK bisa meningkatkan perekonomian.

"Banyak dari kelapa sawit yang bisa diproduksi menjadi produk bernilai ekonomis. Selain minyak, produk turunan sawit di antaranya bisa menjadi pupuk organik, bahan baku kosmetik, dan lainnya" jelas Gusti.

Gusti melanjutkan, saat ini HITMI masih melakukan sosialisasi untuk mengajak petani sawit dan UMKM tergerak mengelola produk turunan sawit.

"Kita saat ini masih sosialisasi namun ke depannya akan kita lakukan pelatihan untuk produk dari bahan baku sisa panen kelapa sawit," kata Gusti.

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tegaskan Maju Sebagai Calon Bupati pada Pilkada Muara Enim 2024


Narasumber UKMK Sawit Talk dan Sarasehan menyampaikan materi, Senin (22/4/2024).-Yansyah-PALTV

Kesempatan ini juga HITMI gunakan untuk mengajak petani, penggerak UKMK dan warga Muara Enim untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Bumi Serasan Sekundang.

"Untuk mendukung program pemerintah dan pihak kepolisian kita mengajak masyarakat Muara Enim khususnya petani dan penggerak UKMK mencegah terjadinya karhutla," imbaunya.

Ketua Pemuda Tani HKTI Kabupaten Muara Enim Ahsan Solehan mengatakan, sosialisasi ini penting agar petani dan penggerak UMKM mampu membuat produk unggulan dari bahan baku sisa panen sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv