Geger! Pajak Motor di Bengkulu Gratis Mulai 2023

Geger! Pajak Motor di Bengkulu Gratis Mulai 2023

Pemprov Bengkulu akan menggratiskan pajak motor mulai 2023--Istimewa

BENGKULU, PALTV.CO.ID – Siapapun pasti akan senang kalau mendengar kabar tidak perlu lagi membayar pajak kendaraan bermotor roda dua. 

Hal inilah yang akan diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu di tahun 2023.

Ini merupakan terobosan baru dan mungkin baru pertama kalinya di Indonesia.

Namun realisasi program pajak gratis kendaraan bermotor roda dua ditargetkan masih menunggu peraturan daerah tentang pembebasan pajak kendaraan.

Dilansir dari Bengkuluekspres.com, ditargetkan pajak gratis ini berlaku tahun 2023 depan. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, sedang menyusun regulasi dalam bentuk peraturan daerah (perda), untuk merealisasikan janji kampanye pencalonan Rohidin Mersyah-Rosjonsyah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. 

BACA JUGA:Naik Pangkat, Personel Polres Muba Kena Siram

BACA JUGA:Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas Jelang Pergantian Tahun Diintensifkan

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bengkulu Hj Yuliswani SE MM mengatakan, pembentukan perda pajak gratis kendaraan bermotor roda dua itu, nantinya menggabungkan antara Perda retribusi dengan perda tentang pajak. 

"Kita menunggu penyatuan perda ini," terang Yulis kepada BE, Selasa (27/12/2022).

Dijelaskannya, ada dua perda milik Provinsi Bengkulu yang disatukan. Yaitu, Perda Nomor 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha dan Perda Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Hal ini menjadi penting untuk menyederhanakan regulasi yang telah dibuat selama ini. 

"Selama ini dua perda ini terpisah. Sekarang disatukan sesuai regulasi terbaru," ungkapnya. 

Saat ini, menurut Yulis, Pemprov dan DPRD Provinsi Bengkulu, sedang mengkaji penyatuan dua perda tersebut. Dalam perda tersebut tentu mengatur tentang program pajak gratis kendaraan bermotor roda dua. Setelah perda selesai disahkan, maka akan segara diterapkan. 

"Sekarang perdanya sedang diperbaiki," tutur Yulis. 

BACA JUGA:Siswi SMP di Muara Enim Digilir Tiga Pemuda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: