Cara Cegah dan Atasi Mabuk Perjalanan di Kendaraan Saat Mudik

Cara Cegah dan Atasi Mabuk Perjalanan di Kendaraan Saat Mudik

Cara Cegah dan Atasi Mabuk Perjalanan di Kendaraan Saat Mudik--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mabuk perjalanan atau motion sickness seringkali menjadi masalah yang mengganggu bagi para penumpang kendaraan saat melakukan perjalanan jarak jauh, terutama saat mudik.

Namun, ada berbagai cara untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan ini.

Salah satu penyebab mabuk perjalanan adalah ketidakmampuan otak dalam memproses informasi dari mata, telinga, dan tubuh secara serentak. Gejalanya bisa berupa pusing, mual, atau bahkan muntah.

Selama musim mudik, mabuk perjalanan dapat menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengganggu jadwal perjalanan.

BACA JUGA:Ramadhan Bulan Berbagi, Sumeks Grup Menggelar Kegiatan Berbagi Bersama Panti Asuhan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah mabuk perjalanan, seperti yang dijelaskan oleh Auto2000:

1. Menghindari Makanan Berat Sebelum Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, terutama yang jaraknya jauh, disarankan untuk menghindari makanan berat. Lebih baik mengonsumsi makanan ringan atau mengurangi porsi makanan normal.

Kondisi perut yang terlalu penuh dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan, terutama saat terjadi guncangan selama perjalanan.

BACA JUGA:MIcrosoft Akan Memecat Karyawan Pada Aplikasi Obrolan Teams, dan Lebih Fokus Pada AI

2. Duduk dengan Nyaman

Pastikan posisi duduk Anda sejajar dengan arah pergerakan kendaraan untuk mengurangi risiko mabuk perjalanan. Posisi duduk yang sejalan dengan gerakan mobil secara alami akan menghindari sensasi tertarik ke arah berlawanan.

3. Istirahat Sebelum Berangkat

Pastikan Anda istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat beristirahat di dalam kendaraan dengan membawa perlengkapan seperti bantal leher dan penutup mata untuk istirahat yang nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber