Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, KAI Divre III Tambah 3.896 Tempat Duduk Kereta Api

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, KAI Divre III Tambah 3.896 Tempat Duduk Kereta Api

Calon penumpang kereta api mengantri masuk ke dalam kereta api--Foto: humas PT kai divre III palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Dengan mendekati tanggal H-9 menjelang arus mudik, KAI Divre III (Daerah Operasi III Kereta Api) mengambil langkah antisipatif dengan menambah ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.896. Langkah ini diambil menyusul lonjakan minat masyarakat untuk mudik dengan menggunakan Kereta Api.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menjelaskan bahwa minat masyarakat untuk mudik naik kereta api telah terlihat sejak jauh-jauh hari. Ketersediaan tiket untuk masa angkutan Lebaran yang telah dijual sejak 15 Februari lalu habis terjual.

Sebagai respons, PTKAI menambah 3.896 tempat duduk di rangkaian KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024, dan KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang dari tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024. Dengan penambahan ini, total ketersediaan tempat duduk meningkat dari 52.228 menjadi 56.124.

Dari total tempat duduk yang disediakan, sudah terjual sebanyak 93%. KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP) sudah terjual habis sampai tanggal 21 April 2024. Namun, untuk KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), masih tersedia sejumlah tempat duduk di tanggal tertentu, yang dapat dilihat melalui aplikasi Access by KAI atau website PT KAI.

BACA JUGA: Baznas Palembang Kejar Target Zakat Mal 1,3 Miliar Hingga Idul Fitri

KAI juga berkolaborasi dengan Dishub Provinsi Sumatera Selatan dan Bank Sumsel Babel untuk program mudik gratis. Program ini menawarkan keberangkatan gratis tanggal 9 April 2024 dengan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau dan KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang.

Penumpang akan diberangkatkan dari Stasiun Kertapati, pukul 08.30 WIB untuk KA Ekspres Rajabasa, dan pukul 09.00 WIB untuk KA Bukit Serelo. Total tempat duduk yang tersedia untuk program mudik gratis ini adalah 1060 tempat duduk.

Aida menekankan kepada calon penumpang agar tidak membawa barang berlebihan dan menjaga barang bawaan agar tidak tertinggal di stasiun atau di dalam kereta.

Dia juga mengingatkan untuk mematuhi syarat-syarat perjalanan yang telah ditetapkan, seperti larangan merokok di dalam kereta.

Harapannya, dengan mematuhi aturan tersebut, mudik kali ini akan menjadi pengalaman yang ceria dan penuh makna bagi semua penumpang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: