Meningkatkan Pembinaan Kerohanian Narapidana, Safari Ramadhan di Kanwil Kemenkumham Sumsel

Meningkatkan Pembinaan Kerohanian Narapidana, Safari Ramadhan di Kanwil Kemenkumham Sumsel

Meningkatkan Pembinaan Kerohanian Narapidana, Safari Ramadhan di Kanwil Kemenkumham Sumsel--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Bulan suci Ramadhan tahun 1445 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) telah mengambil langkah konkret dalam meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Langkah-langkah ini tidak hanya mencakup kegiatan rutin seperti ceramah agama dan tadarusan, tetapi juga menghadirkan inisiatif-inisiatif kreatif seperti Safari Ramadhan dan pesantren kilat di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menegaskan komitmen untuk meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana dengan mengatakan,

"Untuk meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana dilakukan Safari Ramadhan dan pesantren kilat di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan)."

BACA JUGA:Kejati Sumsel Gaungkan Program Adhyaksa Peduli Anak Umang Guna Tekan Angka Kemiskinan

Hal ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya aspek spiritual dalam proses rehabilitasi dan reintegrasi narapidana ke dalam masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Safari Ramadhan tidak hanya berfokus pada aspek pembinaan rohani, tetapi juga memperhatikan pengembangan keterampilan membaca Al Quran.

Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ramadhan diadakan sebagai salah satu upaya untuk memotivasi narapidana dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran.

Narapidana yang berhasil meraih prestasi dalam lomba tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi dalam MTQ tingkat nasional, memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 pada April 2024.

Ini merupakan langkah nyata dalam memberikan kesempatan kepada narapidana untuk berkembang dan berkontribusi secara positif.

BACA JUGA:Syukuran dan Buka Bersama Anniversary Bacakoran.co ke 1 Tahun

Tidak hanya itu, kegiatan Safari Ramadhan juga bertujuan untuk menjalin silaturahim antara seluruh jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel dan narapidana/WBP.

Melalui interaksi yang lebih dekat ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang lebih baik antara petugas pemasyarakatan dan narapidana, sehingga proses rehabilitasi dapat berjalan lebih efektif.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto, menegaskan pentingnya kegiatan Safari Ramadhan dalam meningkatkan pembinaan kerohanian dengan mengatakan,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber