Memahami Perbedaan Antara Rem Cakram dan Rem Tromol: Mana yang Lebih Pakem?

Memahami Perbedaan Antara Rem Cakram dan Rem Tromol: Mana yang Lebih Pakem?

Memahami Perbedaan Antara Rem Cakram dan Rem Tromol: Mana yang Lebih Pakem?-- youtube lesics indonesian

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Saat membahas kendaraan bermotor, aspek keamanan menjadi prioritas utama bagi pengendara maupun produsen.

Rem merupakan salah satu komponen vital yang berperan dalam menjaga keselamatan pengguna jalan.

Di antara jenis-jenis rem yang umum digunakan, rem cakram dan rem tromol adalah dua teknologi yang paling banyak ditemui. Namun, pertanyaannya adalah, manakah yang lebih pakem di antara keduanya?

Mengenal Rem Cakram

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idulfitri, Nasabah Pelunasan di Pegadaian Kayuagung Meningkat Signifikan

Rem cakram menggunakan cakram logam yang dipasangkan di atas roda kendaraan.

Ketika tuas rem ditekan, bantalan rem akan ditekan pada cakram untuk menghasilkan gesekan dan memperlambat perputaran roda. Ini adalah prinsip dasar dari kerja rem cakram.

Keunggulan Rem Cakram:

Kemampuan Pengereman yang Cepat: Rem cakram memiliki kemampuan pengereman yang sangat cepat. Hal ini disebabkan karena gesekan langsung terjadi antara bantalan rem dan cakram, sehingga proses pengereman lebih efisien.

BACA JUGA:HUT Ke-123, PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel Gelar Bazaar UMKM dan Sembako Murah

Kinerja yang Konsisten: Rem cakram cenderung memberikan kinerja yang konsisten dalam berbagai kondisi. Baik saat kondisi basah maupun kering, rem cakram masih tetap dapat berfungsi dengan baik.

Penghilangan Panas yang Efektif: Cakram logam memiliki kemampuan untuk menghilangkan panas dengan cepat, sehingga risiko terjadinya kebocoran rem atau kegagalan sistem akibat panas berlebih dapat diminimalisir.

Mengenal Rem Tromol

Berbeda dengan rem cakram yang menggunakan cakram logam, rem tromol menggunakan drum logam yang berputar bersama roda kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber