Anda Mual Saat Sedang Gugup? Berikut Penjelasannya!

Anda Mual Saat Sedang Gugup? Berikut Penjelasannya!

Gugup yang terlalu lama dapat menimbulkan rasa mual.--Refleks.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Apakah pernah mengalami sebuah kejadian yang membuat anda gugup hingga menjadikan perut anda terasa mual hingga muntah? gugup merupakan hal yang wajar untuk orang-orang yang menemui situasi baru. Penyesuaian dan rasa takut akan kesalahan menyebabkan muncul rasa gugup.

Dilansir dari halodoc.com saat situasi gugup, tubuh akan memproduksi sebuah hormon yang diberi nama hormon katekolamin dan adrenalin dalam darah.

Hormon yang dihasilkan saat gugup akan melepaskan simpanan lemak dan glukosa secara tiba-tiba. Sehingga kadar asam dan enzim dalam perut berubah menjadi kacau. Hal ini lah yang menimbulkan rasa mual.

Berikut Tips mengendalikan rasa mual saat gugup

BACA JUGA:Sukses Hibur ELF Indonesia, Super Junior KRY Dance TikTok Remix

BACA JUGA:Kenali Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Walaupun hal ini merupakan hal yang sangat spontan. Gugup yang berlangsung lama dan tidak dapat dihentikan akan cukup mengganggu bahkan menimbulkan rasa mual. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa mual karena gugup tersebut.

1. Teknik pernapasan 

Saat Anda sedang merasa gugup yang mengakibatkan perut terasa mual, coba lakukan teknik pernapasan. Caranya menarik napas melalui hidung selama 5 deetik secara perlahan, dan tahan setelah 4 detik, dan kemudian hembuskan secara perlahan selama 7 detik melalui mulut. Lakukan secara berulang sampai anda dapat relaks dan rasa mual berkurang.

2. Alihkan perhatian anda

BACA JUGA:Misteri Dibalik Benua Antartika

BACA JUGA:Lagu My Universe Coldplay dan BTS Capai 1 Milyar Streaming di Spotify

Saat anda merasa gugup cobalah untuk mengalihkan perhatian anda dari hal yang membuat anda gugup tersebut misalnya saja bermain game, atau menonton film kesukaan kalian melalui youtube. Misalnya gugup saat tampil, hal yang bisa dilakukan dengan mengalihkan pandangan dan pikiran sejenak.

3. Melakukan olah raga ringan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber