Masjid Sultan Agung, Masjid Tertua Kelima di Palembang

Masjid Sultan Agung, Masjid Tertua Kelima di Palembang

Masjid Sultan Agung, masjid tertua kelima di Kota Palembang, Minggu (31/3/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Masjid yang berlokasi di Jalan Sultan Agung Kelurahan 1 Ilir Kecamatan Ilir Timur II ini termasuk ke dalam 5 masjid tertua yang ada di Kota Palembang.

Dikatakan oleh pengurus Masjid Sultan Agung Ustadz Fawzie Dzakiyyan pada hari Minggu, 31 Maret 2024, Masjid Sultan Agung dibangun pada tahun 1950, berdasarkan musyawarah para alim ulama untuk mendirikan masjid di tanah yang telah diwakafkan masyarakat.

"Awalnya Masjid Sultan Agung dinamai Masjid Amirul Mukminin. Tetapi salah satu pendiri Syeikh Nawawi Idzhom mengusulkan masjid tersebut tetap dinamai dengan nama Masjid Sultan Agung, sehingga diputuskan tetap menggunakan nama tersebut," kata Pengurus Masjid Sultan Agung, Ustadz Fawzie Dzakiyyan.

Ustadz Fawzie Dzakiyyan menambahkan, wilayah Masjid Sultan Agung masih termasuk ke dalam wilayah Kesultanan Palembang Darussalam.

BACA JUGA:Garis Tebal dan Tipis pada Keramik Masjidil Haram, Pentingnya dalam Menandai Arah Kiblat dan Shaff Shalat

BACA JUGA:Semarak Ramadan, Masjid Kimarogan Palembang Gelar Buka Bersama Hingga Cawisan Subuh


Aktivitas tadarus di bulan Ramadan di Masjid Sultan Agung Palembang, Minggu (31/3/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

Tepat di sebelah Masjid Sultan Agung terdapat makam dari Raja Ketiga Palembang Darussalam, yaitu Raja Sultan Agung Komaruddin Sri Teruno.

"Masjid Sultan Agung sendiri sudah dipugar sebanyak tiga kali. Selama Ramadan ini beberapa kegiatan juga digelar di Masjid Sultan Agung, seperti buka bersama, salat Tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan kultum," tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setiap Minggu juga diadakan buka bersama dan zikir ratib saman. Selain itu di 10 hari terakhir Ramadan, Masjid Sultan Agung mengadakan itikaf.

Terkhusus pada 27 Ramadan akan ada sahur bersama dengan para jemaah, kemudian salat Subuh hingga salat sunah Tarawih bersama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv