Inilah 6 Jembatan Roboh Paling Dahsyat Di Dunia

Inilah 6 Jembatan Roboh Paling Dahsyat Di Dunia

Inilah 6 Jembatan Roboh Paling Dahsyat Di Dunia--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,-  Dalam sejarah, banyak jembatan telah menjadi saksi dari tragedi yang mengguncang dunia karena kegagalan struktural yang tak terduga atau beban yang terlalu berat.

Salah satu peristiwa yang baru-baru ini memperlihatkan betapa rapuhnya struktur jembatan adalah ambruknya sebuah jembatan di Baltimore Amerika Serikat, akibat ditabrak oleh sebuah kapal kargo.

Tabrakan ini mengakibatkan sebagian besar bagian jembatan runtuh ke Sungai Patapsco, menghalangi jalur pelayaran dan memaksa penutupan Pelabuhan Baltimore yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Pesisir Timur Amerika Serikat.

Namun, kejadian ini hanyalah satu dari sekian banyak kecelakaan jembatan yang telah terjadi dalam sejarah. Berikut adalah beberapa jembatan lain yang mengalami kegagalan yang mematikan:

BACA JUGA:Kotak Amal Jadi Sasaran Maling di Palembang, Aksi Pelaku Terekam CCTV Masjid Al-Maghfiroh

1. Jembatan Ponte das Barcas, Portugal, 1809 (Meninggal: Diperkirakan 4.000 Korban Jiwa)

Runtuhnya Ponte das Barcas terjadi selama Perang Semenanjung ketika pasukan Napoleon menyerang kota Porto di Portugal pada 29 Maret 1809.

Jembatan ponton ini yang menghubungkan sekitar 20 perahu dengan kabel baja runtuh karena kelebihan beban, mengakibatkan diperkirakan 4.000 warga sipil Portugis dan tentara Prancis tewas tenggelam di Sungai Douro.

2. Jembatan Gantung Great Yarmouth, Inggris, 1845 (Meninggal: 79 Korban Jiwa)

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Sediakan 6 Ton Beras Dukung Gerakan Pangan Murah

Pada 2 Mei 1845, kejadian tragis terjadi di kota Great Yarmouth, Inggris, saat jembatan gantung Great Yarmouth roboh.

Badut Arthur Nelson yang ingin mempromosikan Sirkus William Cooke naik bak cuci ditarik empat angsa, namun perubahan berat yang tiba-tiba menyebabkan rantai jembatan putus.

Kecelakaan ini menewaskan 79 orang, termasuk 59 anak-anak.

3. Jembatan Truesdell, Illinois, 1873 (Meninggal : 46 Korban Jiwa )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber