Hati-hati ! Bensin Kendaraan Tercampur Air, Bisa Berakibat Hal Seperti Ini !

Hati-hati ! Bensin Kendaraan Tercampur Air, Bisa Berakibat Hal Seperti Ini !

gejala jika air masuk kedalam tangki bahan bakar kendaraan--Foto : Freepik.com/peoplecreations

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Baru-baru ini, ada banyak berita yang beredar tentang sebuah SPBU di Bekasi, Jawa Barat, yang diduga mencampurkan BBM jenis Pertalite dengan air. Berita mengenai campuran BBM dan air ini sebelumnya menjadi viral di platform media sosial X. 

Sebuah postingan bahkan menyebutkan bahwa sekitar 10 kendaraan mogok setelah mengisi BBM di SPBU tersebut. Pengguna X juga membagikan foto BBM yang disedot dari SPBU dan dimasukkan ke dalam botol air mineral, menunjukkan bahwa bensin tersebut telah tercampur dengan air.

Menanggapi hal tersebut PT Pertamina Patra Niaga menyatakan bahwa pihak SPBU di Bekasi, Jawa Barat, telah bersedia untuk bertanggung jawab atas kejadian di mana bensin bercampur air menyebabkan beberapa kendaraan mogok. 

Eko Kristiawan, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional Jawa Barat Banten (JBB), menyatakan bahwa SPBU dengan nomor 34.17106 di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 100, Kota Bekasi, akan bertanggung jawab atas perbaikan kendaraan yang rusak dan akan mengganti BBM konsumen dengan menggunakan Pertamax.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Motor yang Cocok di Medan Trail Tanah Bergelombang

Melihat dari kasus tersebut, dapat dipastikan bahwa laju kendaraan akan terhenti dan mesin akhirnya mati, sulit untuk dihidupkan kembali. 

Hal ini merupakan indikasi bahwa air telah tercampur ke dalam tangki bahan bakar, yang mana dapat mengakibatkan kendaraan berhenti beroperasi. Kehadiran air dalam sistem bahan bakar tidaklah menguntungkan dan dapat menyebabkan kendaraan mogok.

Air dapat masuk ke sistem bahan bakar kendaraan melalui tangki BBM mobil, entah karena kerusakan pada tangki yang sudah mulai bocor atau karena BBM yang sudah tercampur air di SPBU, seperti kejadian yang baru-baru ini terjadi. Pabrikan sebenarnya telah mengantisipasi masalah ini dengan memasang sekat air, namun risiko kebocoran tetap ada.

Lalu, bagaimana cara agar tahu bahwa air masuk kedalam tangki bahan bakar kendaraan ?  Berikut beberapa gejala yang akan terjadi jika air masuk kedalam tangki bahan bakar kendaraan.

BACA JUGA:Ini Yang Terjadi Pada Kenyamanan Mobil Anda, Jika Freon AC Bermasalah

 

Perhatikan Kondisi Tangki

Sesekali, periksalah kondisi tangki mobil Anda. Jika Anda melihat adanya karat, ini bisa menjadi indikasi bahwa air telah masuk ke dalam tangki. Ini karena massa jenis air yang lebih berat menyebabkannya mengendap di dasar tangki, akhirnya menyebabkan terbentuknya karat pada tangki BBM mobil.

Masalah dapat semakin parah jika karat yang terkelupas masuk ke dalam mesin. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa kondisi tangki bahan bakar untuk mencegah masuknya air dan karat yang dapat merusak kendaraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber