Tips Merawat Koleksi Perabotan dari Bahan Kuningan

Tips Merawat Koleksi Perabotan dari  Bahan Kuningan

Perabot dari bahan kuningan mudah dibersihkan-leni marlina-koleksi pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebagian orang menyukai perabotan rumah tangga yang terbuat dari bahan kuningan. Selain terlihat mewah, bahan kuningan ini cenderung awet dan tidak mudah korosi atau keropos. Memiliki koleksi barang rumah tangga yang bahannya terbuat dari kuningan, bagi sebagian orang adalah hobi  yang mengasyikan. Mengoleksi barang kuningan bisa menghilangkan dan mengurangi kejenuhan.

Tetapi, tidak bisa merawat dan menjaganya agar tetap cantik dan menarik ini sungguh akan menjadi sesuatu yang membuat kita akhirnya merasa bosan. 

Terlebih barang dari kuningan yang tidak terawat akan terlihat kusam menghitam dan hilang cahaya gemerlap kuningnya.  Ada banyak perabot  yang terbuat dari bahan kuningan diantaranya lampu tidur, vas bunga, bingkai foto, tempat lilin, alat musik dan sebagainya. 

Agar tetap bercahaya kuning mengkilat dan tetap bersih, berikut hal-hal yang dapat dilakukan :

BACA JUGA:Terbukti, Prediksi Masa Depan Dunia lewat Kartun The Simpsons

BACA JUGA:Pesona Pantai Parang Tritis Yang Penuh Misteri

1. Membersihkan Kuningan yang tidak dipernis

Kuningan jenis ini lebih rentan terkena noda dan tampilannya lebih gampang kusam. Jenis kuningan ini cara membersihkannya bisa menggunakan, kain berbahan halus, semir kuningan atau  sikat gigi.

Langkah awal membersihkan kuningan jenis ini dengan terlebih dahulu memastikan kondisi permukaan benda bersih dari noda dan debu. Gunakan pelindung tangan, poleskan semir pada kain katun, gosokan pada benda dengan lembut, untuk area yang sulit dijangkau bisa menggunakan sikat gigi. Lakukan dengan perlahan hingga permukaan benda bersih dan tampak mengkilap

2. Menggunakan Cairan Brasso 

BACA JUGA:Masjid Cheng Ho, Perpaduan budaya Tionghoa dan Islam

BACA JUGA:Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

Cairan braso diperuntungkan untuk membersihkan benda berbahan kuningan dari debu dan korosi. Membersihkan dengan menggunakan braso akan lebih mudah dilakukan, cukup mengoles cairan ke permukaan benda diamkan hingga mengering, lalu gosok dengan kain sampai mendapatkan permukaan yang mengkilap sesuai yang kita inginkan. 

3. Dengan Air Panas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber