Detik-detik Jet Tempur F-18 Buatan Amerika Meledak

Detik-detik Jet Tempur F-18 Buatan Amerika Meledak

--

SPANYOL, PALTV.CO.ID - Sebuah jet tempur F-18 jatuh di sebuah pangkalan udara di kota Zaragoza, Spanyol. Beruntung sang pilot berhasil melontarkan diri kata Kementerian Pertahanan Spanyol pada Sabtu, 20 Mei 2023. 

Pesawat mendarat di dalam batas pangkalan, kata Kementerian Pertahanan Spanyol di akun resmi di Twitter. Pangkalan tersebut yang berjarak sekitar 10 mil (16 kilometer) di luar kota milik Angkatan Udara dan Luar Angkasa Spanyol.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan sebuah pesawat yang terbakar jatuh ke tanah. Angkatan udara Spanyol mengatakan beberapa jam setelah kecelakaan, sang pilot berhasil selamat dengan baik. Tetapi tetap dilarikan ke rumah sakit di bawah pengawasan selama beberapa hari, dikutip dari media Spanyol EFE.

Pesawat tempur F-18 sendiri sedang berlatih untuk pameran terbang ketika kecelakaan itu terjadi. Penduduk setempat mengatakan pada wartawan bahwa salah satu patrolinya adalah yang pertama mencapai pilot, yang jatuh di luar pagar luar yang mengelilingi pangkalan udara. Menurut mereka, pilot mengalami luka di kaki, diduga karena terlontar dengan parasut dari ketinggian rendah. Dia dievakuasi ke rumah sakit dengan helikopter.

BACA JUGA:Terbukti, Prediksi Masa Depan Dunia lewat Kartun The Simpsons

BACA JUGA:Pesona Pantai Parang Tritis Yang Penuh Misteri

Tim penyelamat mengatakan akan bekerja sama dengan militer dalam menyelidiki kecelakaan itu. Dikatakan bahwa informasi awal yang diberikan oleh pilot adalah bahwa pesawat tersebut tampaknya mengalami kerusakan. F-18 Hornet buatan Amerika telah menjadi bagian dari pertahanan udara Amerika Serikat sejak 1980-an dan telah dibeli oleh angkatan udara dari beberapa negara sekutu.

Angkatan udara Spanyol memperoleh 72 model F-18 pertamanya yang diproduksi oleh McDonnell Douglas pada tahun 1983. Pesawat tempur yang dikenal karena multifungsinya mulai beroperasi tiga tahun. Angkatan udara Spanyol kemudian membeli F-18 tambahan dalam jumlah yang tidak ditentukan. Pangkalan Zaragoza adalah rumah bagi satu unit F-18 Spanyol.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber