Perbedaan dan Pemilihan Oli Mobil 5W-30 dan Kode Oli 5W-40

Perbedaan dan Pemilihan Oli Mobil 5W-30 dan Kode Oli 5W-40

Perbedaan dan Pemilihan Oli Mobil 5W-30 dan Kode Oli 5W-40 --Foto : Freepik.com/@kreasi orang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Oli mobil dengan viskositas 5W-30 dan 5W-40 telah menjadi pilihan utama bagi pemilik mobil baru karena karakteristik kekentalannya yang rendah atau tipis. Dengan viskositas yang rendah, oli ini mampu mengalir dengan mulus pada berbagai kondisi suhu, terutama saat mesin baru dihidupkan pada suhu dingin.

Kemampuannya untuk memberikan pelumasan yang efisien pada saat start-up merupakan nilai tambah yang sangat dihargai, mengurangi gesekan dan keausan pada komponen-komponen vital mesin.

Selain itu, konsistensi oli yang optimal pada suhu tinggi juga memastikan perlindungan maksimal terhadap mesin saat beroperasi dalam kondisi panas.

Oleh karena itu, rekomendasi penggunaan oli mobil dengan viskositas 5W-30 dan 5W-40 tidak hanya berdasarkan pada performa yang unggul, tetapi juga pada kemampuannya untuk memelihara kesehatan dan performa mesin baru dalam jangka waktu yang lebih lama.

BACA JUGA:Menguak Misteri Oli, 5 Tips Cerdas Membedakan Oli Asli dan Palsu, Agar Mesin Kendaraan Tetap Optimal

Oli mobil 5W-30 dan 5W-40 mempunyai kekentalan yang sangat rendah atau tipis sehingga sangat direkomendasikan terutama untuk mobil baru.

Ngomong-ngomong, tahukah anda perbedaan oli mobil 5W-30 dan 5W-40?

Arti Kode Oli

Huruf W pada kode oli diambil dari kata Winter. Pada sistem multigrade SAE, angka sebelum huruf W menunjukkan tingkat kekentalan pada temperatur rendah. Sedangkan angka setelah W menunjukkan viskositas pada suhu yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Kenali Oli Palsu Yang Jadi Penyebab Kerusakan Pada Kinerja Mesin Kendaraan

Oli dapat mempertahankan viskositasnya bahkan pada suhu 100 derajat dan 15 derajat kinematik. Oli mobil 5W-30 dan 5W-40 hampir sama. Hanya 5W-40 yang memiliki viskositas termal lebih tinggi dan efektif pada 50 derajat Celcius. Sedangkan pada suhu dingin, kedua oli ini mampu menahan suhu hingga -30 derajat Celcius.

5W-30 merupakan oli yang direkomendasikan untuk mobil berperforma tinggi. Untuk kendaraan baru yang berumur kurang dari 5 tahun, oli 5W-30 adalah yang terbaik karena tidak terlalu encer atau terlalu kental.

Oli yang terlalu encer akan cepat terkuras dan oli yang terlalu kental akan membuat mesin tidak dapat bergerak dan mesin tidak dapat bekerja.

Oli yang lebih kental baik untuk digunakan pada mobil tua karena jarak antar bagiannya lebih tipis. Namun sekali lagi, perhatikan informasi tentang oli yang tepat untuk mobil Anda sesuai dengan buku manual pemilik Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber