Bersiaplah untuk Musim Panas: Tips Penting untuk Kuku yang Kuat dan Sehat

Bersiaplah untuk Musim Panas: Tips Penting untuk Kuku yang Kuat dan Sehat

Tips Penting untuk Kuku yang Kuat dan Sehat--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Panas dan sinar matahari musim panas dapat merusak kuku. Pelajari cara menjaga kuku Anda tetap sehat dan kuat dengan tips hidrasi, saran perlindungan dari sinar matahari, dan rekomendasi perawatan kuku musim panas dari para ahli.

Kita selalu mengatakan pada diri kita sendiri tentang kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh sengatan matahari pada kulit kita, tetapi kita lupa bahwa kita perlu memberikan perhatian yang sama pada bagian tubuh kita yang lain.

Panasnya musim panas di India secara khusus dapat menyebabkan banyak kerusakan jika kita keluar rumah tanpa perlindungan dan tindakan pencegahan yang memadai.

Kuku mungkin tampak tidak penting bagi kita. Memang, kuku tidak secara langsung terlibat dalam kelangsungan hidup kita, tetapi kuku memiliki beberapa fungsi penting yang berkontribusi pada kenyamanan dan kesejahteraan kita.

BACA JUGA:Tuntunan Islam dalam Memotong Kuku: Sebuah Kebiasaan yang Berpahala

Kuku bertindak sebagai indikator mekanisme internal tubuh kita, memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang salah dan perlu diperhatikan melalui perubahan tekstur, kekuatan, dan warna.

Kuku juga melindungi kulit sensitif di ujung jari tangan dan kaki kita, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah.

Manfaat-manfaat ini terlalu banyak untuk disebutkan dan pentingnya merawat mereka tidak dapat ditekankan secara berlebihan; Sharmila Thanki, pendiri dan direktur dari TIP&TOE Nails Lashes & Brows, serta dokter kulit dan pendiri dari Skuccii Supercliniq Dr Meghna Mour, dalam sebuah perbincangan dengan indianexpress.com, menawarkan beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan mutiara yang sehat dan berkilau di musim panas ini.

BACA JUGA:Bolehkah Muslim dan Non-Muslim Menumbuhkan dan Menghias Kuku Mereka?


Panas dan sinar matahari musim panas dapat merusak kuku. --Foto : Freepik.com

 

Keajaiban hidrasi

Di musim panas yang terik, hidrasi dapat membantu tubuh Anda berfungsi lebih baik. Jaga kuku Anda tetap terhidrasi dengan mengoleskan lotion dan minyak pelembab secara teratur pada kuku dan kutikula Anda, saran Sanki. Dehidrasi juga dapat melemahkan kuku, katanya.

Gunakan krim bergizi atau minyak alami seperti minyak jarak untuk melembabkan kutikula secara teratur agar tetap lembab dan mendorong pertumbuhan kuku.

Minum banyak air dan konsumsi buah dan sayuran yang tinggi kelembapan untuk menjaga kekuatan kuku.

BACA JUGA:Penggemar Kuku Cantik: Ketahui Cara Merawat Kuku Anda Setelah Menggunakan Kuku Akrilik.

Paparan air yang berlebihan, terutama di kolam renang, dapat melemahkan kuku dan membuatnya lebih rentan pecah. Setelah berenang atau terpapar air dalam waktu yang lama, keringkan kuku secara menyeluruh untuk mencegahnya menjadi lunak dan rapuh".

Selain itu, menjaga kuku tetap kering juga dapat membantu mencegah infeksi. Dr Moule menekankan bahwa untuk menjaga kuku dalam kondisi prima, sangat penting untuk menjaganya tetap bersih, kering, dan terawat, sementara Mr Thanki merekomendasikan penggunaan sarung tangan jika ada kemungkinan terpapar air dalam waktu yang lama, seperti mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

 

Melindungi dari sinar UV

Perlindungan dari sinar matahari yang berbahaya sangat penting di musim panas. Kita banyak berinvestasi dalam tabir surya dan mengoleskannya secara berlebihan pada kulit kita, tetapi kita lupa bahwa kuku kita juga dapat rusak karena terlalu lama terpapar sinar UV yang berbahaya.

BACA JUGA:Mengatasi Cantengan Jempol Kaki dengan Tepat! Kuku Tumbuh Dalam Daging

Lindungi kuku Anda dari sinar matahari dengan menggunakan cat kuku pelindung UV atau mengoleskan lapisan bening dengan SPF. Selain itu, mengenakan sarung tangan saat berkebun dan aktivitas luar ruangan lainnya juga dapat membantu melindungi kuku Anda dari sengatan sinar matahari. 

 

Tingkatkan peralatan kuku Anda

Dr Moule sangat menyarankan untuk menggunakan alat manikur dan pedikur yang steril untuk mencegah kerusakan pada kuku.

Gunakan alat dan teknik yang tepat untuk merawat kuku Anda. Hindari menggunakan alat logam untuk mendorong kutikula.

Alih-alih alat logam, belilah pendorong kutikula dari kayu atau karet dan gunakan pemotong atau kikir kuku yang bersih dan tajam untuk mencegah kuku Anda retak dan mengelupas.

BACA JUGA:Seni Kuku: Mengekspresikan Kreativitas Melalui Ujung Jari


Suplementasi dengan biotin dapat membantu mencegah pecah dan memperkuat kuku--Foto : Freepik.com

 

Perbanyak biotin

Biotin dikenal untuk membantu memproduksi keratin. Keratin adalah sejenis protein dan sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit. Suplementasi dengan biotin dapat membantu mencegah pecah dan memperkuat kuku. Memasukkan nutrisi dan suplemen yang kaya biotin ke dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan kuku.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber