Ini Durian Indonesia yang Tak Kalah dengan Moutong

Ini Durian Indonesia yang Tak Kalah dengan Moutong

Durian Pelangi Manokwari--Foto : indonesia.go.id/Antara

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Durian si raja buah dari Nusantara, tidak hanya menjadi simbol kekayaan alam Indonesia tetapi juga menawarkan keanekaragaman yang memukau.

Setiap tahun, saat musim panen tiba, dari ujung Aceh hingga perairan Papua, kita disuguhkan dengan aroma khas durian yang menggoda dan kelezatan dagingnya yang melimpah.

Indonesia, bersama dengan negara-negara seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Filipina, menjadi salah satu produsen durian terbesar di dunia.

Namun, apa yang membuat durian dari Nusantara begitu istimewa? Mari kita eksplorasi beberapa jenis durian yang menarik perhatian di Indonesia.

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa buah durian bagi Kesehatan Tubuh yang mungkin belum anda ketahui

Menurut jurnal Herbarium Bogoriense, terdapat 29 spesies durian di seluruh dunia, dan Indonesia memiliki 20 di antaranya.

Kalimantan menjadi rumah bagi sekitar 19 spesies, diikuti oleh Sumatra dengan tujuh spesies, dan satu spesies tersebar di pulau-pulau lain seperti Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Namun, hanya sembilan spesies yang dapat dinikmati oleh manusia.

Salah satu varian durian yang patut disoroti adalah Durian Bawor dari Banyumas. Dikenal dengan ukuran besar, daging tebal, dan rasa yang menggiurkan, Durian Bawor sering kali disamakan dengan Durian Montong yang terkenal.

Tidak kalah menarik adalah Durian Pelangi asal Manokwari. Keunikan buah ini terletak pada dagingnya yang berwarna-warni, menciptakan gradasi seperti pelangi. Dengan ukuran yang besar dan daging yang tebal, Durian Pelangi menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta durian.

BACA JUGA:Banyak yang belum tahu! Hindari 10 Makanan Ini Setelah Menikmati Buah Durian

Durian Petruk, yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah, juga layak untuk dicoba. Selain memiliki rasa yang lezat, durian ini juga dikenal karena produktivitasnya yang tinggi.

Saat berbicara tentang durian, tidak bisa tidak menyebutkan Musang King. Meskipun berasal dari Malaysia, Musang King mudah dijumpai di Indonesia. Buah ini memiliki daging tebal dengan biji pipih dan kulit berwarna oranye. Meskipun harganya cenderung mahal, Musang King menjanjikan prospek bisnis yang cerah.

Pindah ke timur Pulau Jawa, kita akan menemukan Durian Merah dari Banyuwangi. Dengan daging buah berwarna merah pekat dan rasa yang lezat, durian ini menarik minat banyak orang dan memiliki potensi bisnis yang menjanjikan.

Selain varian-varian tersebut, masih banyak lagi jenis durian dengan kekhasan masing-masing yang tersebar di seluruh Nusantara. Menyikapi musim panen durian yang melimpah, beberapa daerah produsen durian mengadakan festival buah durian sebagai upaya untuk mempromosikan kekayaan alam dan potensi pariwisata mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id