Evolusi Sejarah Mouse Komputer Sampai Kini

Evolusi Sejarah Mouse Komputer Sampai Kini

Evolusi Sejarah Mouse Komputer Sampai Kini --Foto : instagram/@pabrikgesper.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menarik sekali melihat sejarah mouse komputer. Siapa sangka ada cerita khusus di balik barang-barang kecil yang kita gunakan sehari-hari ini?

Mulai dari bahan yang awalnya dibuat, ada perangkap mouse untuk mengendalikan debu. Penasaran bagaimana sejarah 'mouse' ini? Di bawah ini ulasan Paltv selengkapnya.

 

Awal Sejarah  Mouse Komputer

Awal mula sejarah mouse komputer diciptakan oleh tangan dingin insinyur komputer Douglas Engelbart. Pada tahun 1967, ia mengajukan paten yang menjelaskan bagaimana perangkat keras komputer dapat menampilkan gerakan sepanjang sumbu vertikal dan horizontal komputer. Kata "mouse" tidak disebutkan dalam paten. Paten kemudian diberikan pada tahun 1970.

BACA JUGA:Penemuan Mouse Pertama pada Komputer Membuka Era Baru Interaksi Pengguna

Dokumen paten menyatakan bahwa dua roda logam generasi pertama dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, yang dapat mengirimkan masukan gesekan ke permukaan. Bentuknya bisa dikatakan tidak ergonomis. Artinya, sebuah kotak kayu yang sangat besar.

 

Mengapa disebut mouse?

Mouse wireless dalam sejarah mouse komputer, tidak ada yang benar-benar mengetahui apa itu mouse. Kenapa ini terjadi? Namanya ‘mouse’.

BACA JUGA:AI Image Generator Terbaru, 8 Kali lebih Cepat dan Bisa Running di Komputer Murah

Tentu saja Engelbart tidak menyebut penemuannya sebagai ‘mouse’. Mungkin alasannya adalah karena ini pertama kalinya orang melihat bahwa sebuah periferal tidak memiliki nama, sebuah kabel pada pandangan pertama di mouse.

Itu sebabnya mereka masih disebut tikus hingga saat ini. Demikian artikel ComputerHistory yang dikutip Kompas Tekno.

Menariknya, pada awal-awal terbit, kabel mouse berada di tempat yang berbeda dengan sekarang. Namun letaknya di sebelah atau di bawah pergelangan tangan pemakainya. Sekarang tidak seperti itu, kabelnya ada di depan, lebih nyaman digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber