Contoh Penerapan IoT dan Manfaatnya di Bidang Energi

Contoh Penerapan IoT dan Manfaatnya di Bidang Energi

Contoh Penerapan IoT dan Manfaatnya di Bidang Energi --Foto : instagram/@piksel mentah.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap hari, manusia berinteraksi dengan teknologi melalui konsep Internet of Things (IoT). Seluruh aktivitas individu saling terhubung melalui jaringan Internet sehingga memudahkan proses transfer data.

Sistem IoT ini banyak digunakan dalam bidang kehidupan manusia, khususnya di bidang kelistrikan. Sektor energi di sini mengacu pada semua sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan listrik untuk mesin dan peralatan. Misalnya gas, listrik, air, dan lain sebagainya.

 

Internet yang andal, transisi yang lancar

Semua perangkat ini menggunakan konsep IoT, yang memungkinkan pengguna menggunakannya dengan lebih efisien. Lalu apa saja contoh dan manfaat penerapan IoT di sektor energi? Apakah Anda mengalami masalah? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita lihat definisi berikut:

BACA JUGA:Wuling Gandeng Telkomsel Untuk Meningkatkan Solusi Konektivitas Transportasi Berbasis IoT

 

Contoh aplikasi IoT di sektor energi

IoT digunakan di sektor energi dalam bentuk pemantauan dan pengendalian penggunaan energi. Berikut beberapa contoh penerapannya:

1. Smart Grid

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana listrik mengalir sehingga seluruh rumah atau area dapat berbagi listrik? Seluruh proses distribusi jaringan listrik, termasuk pengaturan penggunaan energi, ditentukan oleh teknologi jaringan pintar.

BACA JUGA:Tiga Penulis Telah Menuduh Nvidia Menggunakan Buku-Buku Mereka Tanpa Izin Untuk Melatih Alat AI Nemo

Teknologi ini merupakan teknologi yang mengelola sistem tenaga listrik dengan menghubungkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi dan komputer. Dalam implementasinya, smart grid menggunakan sensor dan teknologi pengukuran.

Sensor berfungsi memantau penggunaan energi. Misalnya saja sebuah lampu yang memiliki sensor otomatis yang mendeteksi lingkungan sekitar dengan menggunakan sensor gerak. Jika ada yang lewat, lampu akan menyala, menyala, dan menyala kembali secara otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber