Sukacita Sambut Ramadan, Warga Ulak Jermun Pawai Obor Keliling Kampung

Sukacita Sambut Ramadan, Warga Ulak Jermun Pawai Obor Keliling Kampung

Warga Ulak Jermun pawai obor keliling kampung sebagai wujud sukacita sambut Ramadan, Minggu (10/3/2024).-Novan Wijaya-PALTV

OKI, PALTV.CO.ID - Dengan penuh rasa gembira dan sukacita menyambut bulan suci Ramadan, ditunjukan warga Desa Ulak Jermun Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan menggelar tradisi pawai obor berkeliling kampung.

Dalam tradisi yang dirayakan setahun sekali itu, warga Desa Ulak Jermun beramai-ramai memegang obor yang menyala.

Dari mulut mereka terdengar lantunan sholawat sembari berkeliling kampung, mengekspresikan wujud syukur kedatangan bulan suci Ramadan.

Kepala Desa Ulak Jermun Fitrianti mengatakan, selain mengungkapkan rasa syukur, pawai obor dilaksanakan sebagai bentuk antusias warga dalam menyambut bulan suci Ramadan.

BACA JUGA:Ribuan Warga OKU Ikuti Pawai Obor Sambut Ramadan dengan Sukacita dan Meriah

“Sebagai muslim tentu kami menyambut bahagia kedatangan bulan suci Ramadan. Inilah bentuk sambutan kami,” kata Fitrianti pada Minggu malam, 10 Maret 2024.

Selain menjadi tradisi, pawai obor merupakan momentum di mana warga Desa Ulak Jermun bersilahturahmi satu sama lain.

“Ini momen warga bisa saling bermaafan, karena sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa,” ungkap Kades Ulak Jermun Fitrianti.

Tradisi pawai obor juga sebagai bentuk komitmen kebersamaan dalam menjaga kekhusyukan warga saat menjalani ibadah di bulan suci Ramadan.

BACA JUGA:Nyaris Putus, Jalan Menuju Kantor Bupati Ogan Ilir Tergenang Luapan Sungai Kelekar

“Tentunya menjadi pemicu semangat beribadah warga Desa Ulak Jermun," tandas Fitrianti.

Ungkapan kegembiraan juga dikatakan oleh seorang warga Desa Ulak Jermun, M Aldi. Ia mengutarakan hampir 70 persen warga ikut dalam kegiatan pawai obor yang diketuai oleh Kades Desa Ulak Jermun.

“Kami sudah berkumpul sejak pukul 19:30 WIB. Warga juga mempersiapkan sendiri obor yang akan dibawa,” ucap M Aldi.

Aldi berharap pawai obor yang telah menjadi tradisi warga Desa Ulak Jermun tidak lekang oleh waktu. Aldi juga berharap Kepala Desa Ulak Jermun terus mengenalkan tradisi-tradisi lainnya kepada generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv