Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga ? Ini Penjelasananya

Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga ? Ini Penjelasananya

Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu--Foto : freepik.com/pressfoto

PALEMBANG. PALTV.CO.ID - Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal Nutrisi saat berolahraga. Baik jenis nutrisinya atau kapan sebaiknya mengkonsumsinya. 

Pertanyaan sederhana yang biasa ditanyakan orang, sebaiknya makan dulu atau olahraga dulu ya? Artikel ini mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

 

Makan Dulu atau Olahraga Dulu, Mana yang Lebih Baik?

Untuk pertanyaan lebih baik makan dulu atau olahraga dulu, jawaban singkatnya: dua-duanya!

BACA JUGA:Anda Menderita Asma? Ini Olahraga Yang Cocok Dilakukan

Mungkin kamu bingung membaca jawaban tersebut. Jawaban tersebut diartikan bahwa perlu melihat kebutuhan tubuh untuk memastikan apakah kamu perlu olahraga sebelum makan atau sesudah makan.

Tubuhmu memiliki kebutuhan yang berbeda di waktu yang berbeda sepanjang hari. Diet serta olahraga yang dilakukan pun memiliki efek berbeda untuk setiap orang.

Kamu harus ingat, makanan lebih dari sekadar kalori. makanan adalah bahan bakar saat kita bergerak atau berolahraga. Sehingga, makanan padat nutrisi penting dikonsumsi untuk memberi tenaga saat kamu berolahraga atau saat masa pemulihan dari sakit. 

Di sisi lain, berolahraga dalam kondisi “puasa” meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakar untuk membuat energi.

BACA JUGA:Ngak Harus Nunggu Libur, Ini 8 Olahraga Ringan Sebelum Berangkat Kerja

Untuk diketahui, sumber bahan bakar utama tubuh adalah lemak dan karbohidrat.

Lemak disimpan sebagai trigeliserida dalam jaringan lemak, sedangkan karbohidrat disimpan dalam otot dan hati dalam molekul yang disebut glikogen.

Karbohidrat juga tersedia dalam bentuk gula darah. Saat berolahraga dengan perut kosong, lebih banyak kebutuhan energi tubuh dipenuhi dengan pemecahan lemak tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: milo.co.id