Cari Tahu 5 Pengertian dan Jenis Sasis Mobil

Cari Tahu 5 Pengertian dan Jenis Sasis Mobil

Cari Tahu 5 Pengertian dan Jenis Sasis Mobil--Foto: Instagram@jonathanrishton

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pelajari juga tentang jenis-jenis sasis mobil yang umum digunakan, ciri-ciri khusus, kelebihan dan kekurangannya.

Sasis atau rangka ini menopang seluruh bodi mobil dan berfungsi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Oleh karena itu, pemilihan dan desain rangka ini akan menentukan gaya mobil dan tidak boleh dipilih sembarangan.

Banyak sasis berbeda telah digunakan sejak mobil pertama dibuat. Namun mobil modern memiliki dua jenis sasis: yang pertama monocoque dan yang kedua adalah rangka tangga. Kedua jenis sasis ini mempunyai ciri khas, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk memperkaya informasi seputar mobil, mengulas sasis mobil dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tujuannya untuk memahami karakteristik mobil saat berkendara di medan yang berbeda. Mari simak ulasan berikut ini.

1. Sasis ladder frame

Model sasis ini pertama kali populer di dunia otomotif. Nama rangka tangga digunakan karena desainnya yang menyerupai tangga. Di beberapa kalangan disebut Body on the Shelf. Sasis rangka tangga menggunakan dua balok besar yang dihubungkan dengan balok silang di bagian depan, tengah, dan belakang.

BACA JUGA:Yamaha Jupiter Z1 Terbaru, Motor Bebek Kencang 110 cc

Keunggulan utama model sasis ini adalah lebih mudah dan murah dalam pembuatannya. Selain itu, struktur rangka tangga memiliki ground clearance yang lebih besar (jumlah di bawah kendaraan) sehingga lebih ringan dan mampu menopang beban. Karena kelebihannya tersebut, sasis rangka tangga sering digunakan pada kendaraan off-road seperti truk, truk pickup, SUV, dan lain-lain. 

Pertama, bobot bertambah karena struktur khusus sasis dan bodi. Selain itu, ketinggian permukaan lantai meningkatkan getaran dan putaran bodi. Dalam industri keamanan, ladder frame biasanya tidak disertakan dalam konfigurasi domain aman.

2. Sasis monokok

Sasis model ini merupakan pengembangan lebih lanjut dalam dunia teknik. monokok dipasang pada rangka sasis yang menyatu dengan bodi mobil. Oleh karena itu, Kada juga dikenal sebagai Unibody. Hal ini meningkatkan kenyamanan dan pengendalian kendaraan. Inilah sebabnya mengapa hampir semua mobil modern menggunakan sasis monokok.

Kelebihan desain sasis ini adalah dapat mengurangi bobot. Selain struktur ini, ia memberikan tingkat kekakuan yang lebih baik, sehingga meningkatkan karakteristik pengendalian dan berkontribusi terhadap kenyamanan pengemudi. 

Sasis monokok adalah sasis yang dibuat utuh dengan bodi mobil. Bagian luar bodi mobil, bagian sasis, berfungsi sebagai rangka untuk melindungi interior dari benturan.

Sasis ini dibuat dari pelat sambungan dan tulangan baja komposit. Dapat diubah menjadi rangka bodi mobil. Beberapa kendaraan yang menggunakan sasis ini adalah Toyota All New Camry dan Toyota New Avanza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber