BYD Indonesia Mengantongi Modal Rp20 Miliar, Berkomitmen untuk Produksi Lokal

BYD Indonesia Mengantongi Modal Rp20 Miliar, Berkomitmen untuk Produksi Lokal

BYD Indonesia Mengantongi Modal Rp20 Miliar, Berkomitmen untuk Produksi Lokal--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- BYD, sebuah perusahaan asal China, telah memperluas kehadirannya di pasar Indonesia melalui dua entitas usaha, yakni BYD Motor Indonesia dan BYD Auto Indonesia.

Kedua entitas ini fokus pada penjualan dan produksi mobil listrik. Mobil-mobil listrik BYD mendapat insentif  Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) dan pembebasan bea masuk impor.

Berdasarkan dokumen perizinan, BYD Auto Indonesia memiliki Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2703 yang mencakup pembuatan baterai kendaraan listrik.

Selain itu, BYD Auto Indonesia juga diberi izin KBLI 29101 untuk pembuatan dan perakitan kendaraan bermotor, serta produksi dan distribusi suku cadang dan kendaraan.

BACA JUGA:Antri Bantuan! Warga Gaza Diserang Tank Israel, Lebih dari 70 Warga Palestina Tewas dan 250 Luka-Luka

Total modal dasar perusahaan ini mencapai Rp20 miliar, dengan saham mayoritas dimiliki oleh BYD (Hong Kong) Co., Ltd sebesar 99%, dengan modal sebesar Rp9,9 miliar.

Sementara itu, 1% sisanya dimiliki oleh BYD (Singapura) PTE, Ltd dengan modal sebesar Rp100 juta.

BYD Motor Indonesia, di sisi lain, memiliki izin untuk melakukan perdagangan besar mobil baru dan suku cadang, sesuai dengan KBLI 45101 dan 45301.

Selain itu, perusahaan ini juga mendapat izin untuk penyewaan atau sewa guna usaha untuk berbagai jenis alat transportasi, sesuai dengan KBLI 77100.

BACA JUGA:Tampilan Mewah dengan Budget Terjangkau: Detail Chery Tiggo 5X dan Harganya Kurang dari Rp300 Juta

Pemegang saham mayoritas BYD Motor Indonesia adalah BYD (Hong Kong) Co., Ltd dengan 99% saham, dengan modal sebesar Rp9,9 miliar.

Sementara itu, 1% sisanya dimiliki oleh BYD Japan Co., Ltd dengan modal Rp100 juta. Dengan total modal disetor sebesar Rp20 miliar, BYD Indonesia saat ini fokus pada impor mobil listrik.

Mereka baru saja merilis harga produk mobil listriknya dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Model Dolphin tipe Premium Extended dijual dengan harga Rp425 juta, sementara Atto 3 tipe Superior dihargai Rp515 juta. Adapun model Seal tipe Premium Variant dijual seharga Rp629 juta, dan Performance Variant Rp719 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber