Apa Sih? Manfaat dan Buruknya Makan Nanas Bagi Ibu Hamil

Apa Sih? Manfaat dan Buruknya Makan Nanas Bagi Ibu Hamil

Apa Sih? Manfaat dan Buruknya Makan Nanas Bagi Ibu Hamil-marymarkevich-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Banyak mitos kehamilan yang tersebar dan diyakini masyarakat. Salah satunya adalah makan nanas saat hamil bisa menyebabkan cacat lahir dapat menyebabkan keguguran

Namun kisah-kisah tersebut benar adanya, karena adanya mitos bahwa makan nanas dapat menyebabkan cacat lahir dapat menyebabkan keguguran, banyak ibu hamil yang tidak berani mengonsumsi buah ini. Ada kekhawatiran mengonsumsi nanas dapat berdampak pada janin dan menyebabkan cacat lahir.

Makan Nanas saat Hamil, Apa Dampak Buruknya?

Apakah ada efek samping makan nanas saat hamil? Selain manfaat positifnya, nanas juga bisa memberikan efek negatif pada kehamilan. Alasan ibu hamil tidak boleh makan nanas adalah sebagai berikut:

1. Fakta tentang Nanas dan Keguguran

Fakta tentang nanas dan kehamilan, sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan nanas dapat membahayakan kehamilan. Risiko kehamilan pada nanas dikaitkan dengan enzim bromelain dalam buah tersebut.

BACA JUGA:Kapolres Banyuasin Cek Jalur Hotel Wyndham yang Akan Dilalui Presiden RI Joko Widodo

Enzim bromelain mempunyai efek proteolitik yang mampu memecah protein dalam tubuh. Selain itu, ada kekhawatiran bahwa senyawa ini dapat menyebabkan anemia, tekanan darah rendah, atau pendarahan.

Namun perlu diingat bahwa jumlah enzim bromelain dalam nanas sangat rendah. Oleh karena itu, bila dikonsumsi dalam batas yang tepat, nanas tidak menyebabkan pendarahan atau kematian.

Nanas sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Salah satu manfaatnya adalah membantu meredakan kecemasan. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan flavonoid pada nanas yang diketahui dapat meningkatkan mood ibu hamil.

Buah pahit manis ini juga mengandung asam folat, zat besi dan magnesium, serta vitamin B6. Baik untuk tumbuh kembang, baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.


Apa Sih? Manfaat dan Buruknya Makan Nanas Bagi Ibu Hamil-freepik-freepik

2. Hindari Mengonsumsi Nanas Berlebihan

Hindari makan nanas terlalu banyak, meski dianggap aman, ibu hamil sebaiknya tidak makan nanas dalam jumlah banyak. Mengonsumsi nanas terlalu banyak dapat menimbulkan beberapa keluhan, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber