Meskipun Berukuran Kecil, Ternyata Inilah 5 Fungsi Komponen Valve Cap Pada Ban Kendaraan!

Meskipun Berukuran Kecil, Ternyata Inilah 5 Fungsi Komponen Valve Cap Pada Ban Kendaraan!

Meskipun Berukuran Kecil, Ternyata Inilah 5 Fungsi Komponen Valve Cap Pada Ban Kendaraan --Foto : Instagram.com/@viciouscycles

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Valve cap atau yang lebih dikenal dengan istilah pentil ban merupakan komponen yang berukuran kecil namun mempunyai fungsi yang sangat penting pada ban kendaraan.

Komponen valve cap ini mempunyai fungsi utama untuk mengontrol tekanan udara yang terdapat pada ban, sehingga akan mempengaruhi performa dan kinerja ban pada sebuah berkendara.

Jika tekanan udara yang terdapat pada ban kendaraan terlalu rendah, maka akan mengakibatkan ban menjadi lembek dan akan mengurangi kualitas cengkeraman ban dengan permukaan jalanan.

Lalu, seberapa penting valve cap atau pentil ban ini? Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh valve cap atau pentil ban bagi sebuah ban kendaraan agar dapat menjaga kualitas dan performa dari komponen ban pada sebuah kendaraan.

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh Pentil Ban Setelah Ganti Ban Mobil Baru dan 4 Hal Penting Lainnya

 

Untuk Menjaga Tekanan Angin di Dalam Ban

Komponen valve cap atau pentil ban mempunyai fungsi untuk dapat menjaga tekanan angin yang terdapat di dalam ban kendaraan agar tidak keluar dan berkurang.

Meskipun tanpa ditutup, angin yang terdapat di dalam ban kendaraan juga sebenarnya tidak akan keluar.

Namun, dengan ditutup tentunya akan mencegah angin keluar pada saat terjadi tekanan yang tidak terduga.

BACA JUGA:Komponen Ban Mobil Terdapat Benjolan, Inilah 4 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Dari Kondisi Ban Mobil Benjol


Komponen valve cap atau pentil ban mempunyai fungsi untuk dapat menjaga tekanan angin di dalam ban kendaraan--Foto : Freepik.com/@senivpetro

Sebagai contoh pada saat berada dalam perjalanan, ban kendaraan sangat mungkin akan melindas batu atau benda lain yang dapat membuat roda menjadi tertekan.

Jika pada kondisi tersebut tidak terdapat valve cap atau pentil ban, maka angin yang terdapat di dalam ban kendaraan yang tertekan akan keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber