Apakah Posisi Dudukmu Sudah Benar?

Apakah Posisi Dudukmu Sudah Benar?

Ilustrasi sakit pinggang.--Pixabay.com/Kelvin120415

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kamu merasa pegal atau sakit di bagian punggung atau pinggang? Kamu lebih banyak beraktivitas dengan duduk? Apakah posisi duduk kamu sudah benar?

Kebiasaan duduk terlalu lama akan membuat tulang belakang menjadi tegang, dan nyeri pada punggung. Jika kebiasaan ini terpaut lama, akan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang dan berdampak buruk terhadap postur tubuh.

Berikut ini beberapa penyakit kelainan tulang belakang:

1. Skoliosis

BACA JUGA:Mengenal Siwak dan Manfaatnya

BACA JUGA:Video: Embung Senja Pilihan Wisata Warga Musi Banyuasin

Pada kelainan ini tulang belakang bengkok ke arah kanan atau kiri. Penyakit ini terjadi karena kebiasaan duduk yang tidak tegak. Tulang punggung akan melengkung seperti huruf C atau huruf S. Struktur tubuh bagian bahu akan nampak jenjang atau salah satunya akan lebih tinggi.

2. Kifosis

Kondisi tulang belakang pada kelainan ini bengkok ke arah belakang. Para penderitnya akan terlihat bungkuk. Jika kamu duduk dengan posisi terlalu bungkuk, bagian sumsum tulang belakang akan memberikan banyak tekanan dan menyebabkan otot yang tegang. Kelainan ini banyak terjadi pada orang lanjut usia.

3. Lordosis

BACA JUGA:Kajati Sumsel Minta Seluruh Kejari Manfaatkan Program ‘Jaksa Menyapa’ dengan Baik

BACA JUGA:Puluhan Tahun Rusak, Warga Ancam Golput Jika Jalan Tidak Diperbaiki

Lordosis sering juga disebut swayback. Lordosis adalah kelainan yang menyebabkan tulang belakang bengkok ke arah depan. Kelainan ini dapat kita lihat salah satu tandanya dengan bokong yang menonjol.

Jika kamu mengalami gejala di atas ada beberapa cara untuk menanggulanginya dengan perawatan saraf terjepit. Perawatan ini berguna untuk merelaksasi saraf yang tegang atau terjepit akibat kesalahan posisi saat duduk. Adapun perawatan yang dapat kita lakukan adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com